Kunci Sukses Pemkab Badung Raih Opini WTP 6 Tahun Berturut-turut

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 23:21 WIB
Pemkab Badung
Foto: dok. Pemkab Badung
Jakarta -

Selama 6 tahun berturut-turut, laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Oleh sebab itu, Pemkab Badung memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan.

Pjs. Bupati Badung Ketut Lihadnyana mengatakan pihaknya menyusun laporan keuangan dengan memuat informasi yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Informasi yang dimasukkan berdasarkan pada data-data teraktual.

Pemkab Badung, kata Ketut, juga menyusun sistem pengendalian internal (SPI) agar dapat membuat laporan keuangan yang kredibel. SPI tersebut mencakup beberapa unsur, di antaranya lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

"Bersyukur berkat kerja keras dan sinergi yang terpadu antar OPD, saat kita merayakan HUT ke-11 Mangupura, kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Semoga ini menjadi penyemangat bagi aparatur pemerintah di Kabupaten Badung dalam menjalankan roda pemerintahan, serta memperbaiki apa-apa yang menjadi catatan pada LKPD 2019 lalu. Kita tidak boleh cepat merasa puas," ungkap Ketut dalam keterangan tertulis, Senin (16/11/2020).

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan (DPJb) Provinsi Bali Tri Budhianto mengapresiasi capaian Pemkab Badung yang memperoleh WTP 6 tahun berturut-turut. Menurut Tri, prestasi tersebut menunjukkan Pemkab Badung memiliki tata kelola keuangan yang baik.

"Bahwa dengan opini WTP tersebut artinya tata kelolanya pemerintahan Kabupaten Badung sudah berjalan baik, dimana tidak hanya keuangan dan asetnya saja tapi semakin baik pula fungsi dan tanggung jawab pemerintah daerah karena setiap rupiah harus dipertanggungjawabkan bagi kepentingan dan manfaat untuk masyarakat," kata Tri.

(prf/ega)