Profil Kombes Hengki Haryadi, Kapolres Jakpus Pengganti Kombes Heru Novianto

Tim - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 18:24 WIB
Kombes Hengki Haryadi gantikan Kombes Heru Novianto sebagai Kapolres Jakarta Pusat
Potret Kombes Hengki Haryadi yang diangkat sebagai Kapolres Jakpus. (Dok. Istimewa)

Di Polda Metro Jaya, Hengki Haryadi pernah dipercaya sebagai Kapolsek Gambir, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, dan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Saat menjadi Kasat Reskrim Jakarta Barat, Hengki Haryadi berpartner dengan Irjen Fadhil Imran, yang saat itu sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat dengan pangkat Komisaris Besar. Di tangan Fadil Imran dan Hengki Haryadi ini, sejumlah kasus kejahatan menonjol berhasil diungkap, salah satunya menangkap Hercules.

Karir Hengki Haryadi semakin melejit pada 2017. Pada 30 Oktober 2017, Kombes Hengki Haryadi dipercaya mengemban tugas sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat.

Selama di Polres Jakarta Barat, Hengki Haryadi mengukir segudang prestasi. Pada November 2018, Polres Jakarta Barat di bawah pimpinan Kombes Hengki Haryadi menangkap preman Hercules terkait perebutan lahan di Kalideres, Jakarta Barat.

Hengki Haryadi juga mengungkap sejumlah kasus narkoba. Kampung Ambon yang menjadi sarang narkoba diobrak-abrik oleh pria kelahiran 1979 ini.

Di tangan dinginnya, peredaran narkoba jaringan lokal hingga internasional diringkus dirinya. Salah satunya penyelundupan 1,3 ton ganja jaringan antarkota, penyelundupan 120 kg sabu jaringan internasional, serta 28 kg sabu jaringan internasional Amerika.

Kerja kerasnya dan jajarannya kala itu diganjar penghargaan oleh DEA (Drug Enforcement Agency). Hengki Haryadi mendapat penghargaan khusus dari DEA atas leadership-nya dalam kerja sama pengungkapan narkoba.

Tidak hanya itu, Hengki Haryadi juga mengungkap kasus jambret 'tenda oranye' yang saat itu meresahkan masyarakat. Ia menangkap puluhan jambret saat itu dan segudang kasus lainnya yang ia ungkap.

Halaman

(mei/fjp)