Profil Kombes Hengki Haryadi, Kapolres Jakpus Pengganti Kombes Heru Novianto

Tim - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 18:24 WIB
Kombes Hengki Haryadi gantikan Kombes Heru Novianto sebagai Kapolres Jakarta Pusat
Potret Kombes Hengki Haryadi yang diangkat sebagai Kapolres Jakpus. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot sejumlah perwira tinggi hingga perwira menengah karena dinilai tidak menegakkan aturan terkait pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 dalam kegiatan Habib Rizieq Shihab. Salah satunya Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto yang digantikan oleh Kombes Hengki Haryadi.

Sosok Kombes Hengki Haryadi bukan orang baru di Polda Metro Jaya. Sepak terjangnya dalam mengungkap kejahatan di Ibu Kota tidak perlu diragukan lagi.

Hengki Haryadi merupakan lulusan Akpol tahun 1996. Pada pertengahan Oktober 2020, Hengki Haryadi baru dilantik sebagai lulusan terbaik Sespimti Dikreg Tahun Ajaran 2020.

Pria kelahiran Palembang ini pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat pada Oktober 2017-Januari 2020. Selama di Polres Jakarta Barat, Hengki Haryadi pernah mengungkap sejumlah kasus menonjol hingga premanisme yang meresahkan di Ibu Kota.

Sosok Hercules dibuatnya bertekuk lutut karena aksi premanisme yang meresahkan warga. Hengki Haryadi tak hanya dikenal sebagai pemimpin yang tegas, tapi juga humanis dan berwibawa.

Hengki Haryadi kecil besar di Kota Metro, Lampung. Ayahnya merupakan prajurit TNI.

Prestasi akademik Hengki Haryadi sudah ditunjukkan sejak sekolah dasar hingga ia masuk SMA unggulan, SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Selama menempuh pendidikan SMA, Hengki Haryadi termasuk berprestasi. Ia bahkan dipercaya menjadi anggota Paskibraka di Istana Kepresidenan pada 1991.

Tiga tahun mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian, Kombes Hengki Haryadi lulus pada tahun 1996. Mengawali karir di kepolisian, Hengki Haryadi bertugas di Polres Dili, yang saat itu masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hengki Haryadi kemudian dipindahkan ke Jawa Barat. Ia dipercaya sebagai Wakapolsek Lengkong, Polresta Bandung Tengah.

Pada 2004, Hengki Haryadi mendapat kenaikan pangkat Kompol di Polda Lampung. Setelah 6 tahun bertugas di Lampung, ia kemudian dipindahkan ke Polda Metro Jaya.

Bagaimana sepak terjang Hengki Haryadi di Polda Metro Jaya? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2