Doa Setelah Mendengar Adzan Sesuai sunnah Lengkap dengan Artinya

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 16 Nov 2020 17:59 WIB
Masjid Amru bin Ash, Mesir
Foto: (Istimewa)/Ilustrasi Doa Setelah Mendengar Adzan Sesuai sunnah Lengkap dengan Artinya
Jakarta -

Adzan dikumandangkan oleh muadzin sebanyak lima kali dalam sehari. Setiap akhir dari panggilan sholat tersebut, umat Islam disunnahkan untuk membaca doa setelah mendengar adzan.

Bahkan, dalam hadits riwayat Abu Dawud dan At Tirmidzi, Nabi Muhammad menjelaskan keistimewaan membaca doa setelah adzan. Dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabd, "Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak."

Nah, seperti apa doa setelah adzan sesuai sunnah?

Dikutip dari buku 'Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq' karya Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al Faifi, lafadz doa yang disyariatkan setelah kumandang adzan sesuai hadits riwayat Al Bukhari adalah

Arab:

Doa Setelah AdzanDoa Setelah Adzan Foto: istimewa

Latin: Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati sayyidinaa muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wasy syarafa wad darajatal 'aaliyatar rafii'ah, wab'asthul maqaamal mahmuudanil ladzii wa'ad-tah, innaka laa tukhiful mii'aad.

Artinya: Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini (adzan), dan sholat yang ditekgakkan, berikan lah kepada Nabi Muhammad al-wasilah (kedudukan mulia di sisi-Mu) dan keutamaan, dirikan untuknya tempat terpuji seperti yang telah Engkau janjikan kepadanya.

Selain itu, ada juga doa setelah Adzan Magrib, menurut hadits riwayat Abu Dawud dari dari Ummu Salamah, sebagai berikut

Arab:

Doa Setelah AdzanDoa Setelah Adzan Foto: istimewa

Artinya: Ya Allah, ini telah menjelang malam-Mu, dan telah berlalu siang-Mu, telah diserukan seruan-Mu, maka ampunilah aku.

Sementara itu, adzan adalah pemberitahuan atau pengumuman dalam bahasa bahasa. Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman mengenai pemberitahuan atau yang disebut adzan

Arab: وَاَذَانٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖٓ اِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْاَكْبَرِ

Latin: wa ażānum minallāhi wa rasụlihī ilan-nāsi yaumal-ḥajjil-akbari

Artinya: Dan satu maklumat (pemberitahuan) dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar,

Sahabat Hikmah, jangan lupa amalkan doa setelah adzan ya!

(pay/erd)