FPI Mulai Bagikan Masker bagi Pengunjung Maulid di Petamburan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 20:30 WIB
Laskar Pembela Islam (LPI) FPI membagikan masker kepada pengunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW, dan pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan.
Laskar Pembela Islam (LPI) FPI membagikan masker kepada pengunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Laskar Pembela Islam (LPI) FPI mulai membagikan masker kepada pengunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Syihab. Laskar meminta kepada yang tidak bermasker untuk tidak masuk dan mengambil masker yang disediakan.

Pantauan detikcom, Sabtu (14/11/2020), pukul 19.47 WIB, enam anggota LPI terpantau berjaga di depan Rumah Sakit Pelni. Mereka menyaring massa yang masih membandel tidak menggunakan masker.

Selain meminta pemakaian masker, anggota LPI juga menginstruksikan massa agar mematikan rokok. Mereka juga meminta massa waspada terhadap copet karena kondisi di Jl KS Tubun yang berdesak-desakan sehingga barang-barang rawan dicuri.

"Pakai masker yang masuk, dan rokok dimatikan sesuai protokol kesehatan. Yang masuk harus pakai masker. Bang, pakai maskernya, Bang. Tas-dompet hati-hati. Yang nggak pakai masker nggak boleh masuk. Dipakai, Bang," ujar salah satu anggota laskar dengan menggunakan Toa.

Terlihat masih banyak orang yang berdatangan dari arah Tanah Abang tidak menggunakan masker. Meski begitu, LPI membagikan masker secara gratis supaya mereka tetap bisa berpartisipasi.

Sebelumnya, BNPB memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer gratis kepada panitia pelaksana Maulid Nabi di acara Habib Rizieq hari ini.

Laskar Pembela Islam (LPI) FPI membagikan masker kepada pengunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW, dan pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan.Laskar Pembela Islam (LPI) membagikan masker kepada pengunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW, dan pernikahan putri Habib Rizieq di Petamburan. (Foto: dok. detikcom)

Masker dan hand sanitizer itu diturunkan dari mobil boks, kemudian diserahkan langsung oleh Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Rustian kepada ketua panitia acara Haris Ubaidillah.

"Sebenarnya kita selaku Satgas Nasional pasti memperhatikan semua kebutuhan yang diperlukan di dalam penanganan COVID ini. Dan pada saat ini pasti protokol kesehatan yang diutamakan, jadi protokol kesehatan itu yang diutamakan. Jadi protokol kesehatan itu, pertama, pakai masker. Kita bawakan masker sebanyak 10 ribu dan itu harus dipakai sesuai dengan pemakaian masker yang benar. Yang kedua, menjaga jarak, ini hal yang wajib kita laksanakan. Kalau tidak, kita tidak tahu bahwa kita dalam berkumpul ini apakah semua sehat," kata Rustian.

(aik/aik)