859 Kg Sampah Masker Bekas dari Rumah Tangga Terkumpul di DKI Selama Pandemi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 20:12 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation
Ilustrasi masker (iStock)

Sebelumnya diberitakan, Kepala Seksi Pengelolaan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rosa Ambarsadi menjelaskan skema pengumpulan sampah APD dari masyarakat itu dilakukan oleh petugas. Petugas akan memilah sampah medis dan sampah rumah tangga.

"Kalau yang dari masyarakat memang Dinas Lingkungan Hidup menangani, tapi tetap ujungnya itu adalah pihak ketiga dan dari kita itu menetapkan satu kecamatan itu ada tempat khusus dipo yang dijadikan pengumpulan limbah medis dari masyarakat di setiap kecamatan, di setiap kecamatan itu ada satu lokasi yang didedikasikan untuk pengumpulannya," kata Rosi saat dihubungi, Rabu (12/8).

"Kemudian untuk tingkat kota, di setiap kota itu ada lokasi yang dikhususkan untuk limbah medis di masyarakat, misalnya di Jakarta Utara ada Dipo Ancol," sambungnya.

Sebelum sampah medis diangkut oleh pihak ketiga, petugas terlebih dahulu memilahnya. Setelah dipilah, sampah medis itu terlebih dahulu disemprot disinfektan.

"Nah, fungsinya kita melakukan pemilahan kalau itu memang ada (sampah medis) kita pilah. Setelah dipilah, kemudian dikumpulkan, setelah dikumpulkan kita lakukan disinfeksi. Setelah itu, baru diangkut yang dari kecamatan diangkut ke kota. Nanti pihak ketiga akan mengangkut di TPS yang skalanya kota, jadi Dinas Lingkungan Hidup itu kerja sama dengan pihak ketiga," katanya


(man/imk)