Bupati Lombok Timur Jadi Tokoh Terbaik Kampung Sehat NTB 2020

Yudistira Imandiar - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 19:03 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Bupati Lombok Timur Sukisman Azmi mendapatkan penghargaan kategori tokoh terbaik dalam Anugerah Awards Kampung Sehat NTB 2020. Sukisman dinilai mampu membuat program-program yang baik untuk penanganan COVID-19 di wilayah pimpinannya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto mengatakan berdasarkan penilaian oleh tim juri independen, Sukisman dinilai layak mendapat anugerah award sebagai Bupati Terbaik Kampung Sehat 'Nurut Tatanan Baru'. Adapun program Kampung Sehat dirancang sebagai upaya menekan dan memitigasi penyebaran COVID-19 yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal.

"Beliau dinilai layak oleh tim juri independen, karena dari sekian indikator yang dipersyaratkan, Bupati Lombok Timur secara umum sudah memenuhi kriteria, terutama kebijakan yang diambil dalam menghadapi pandemi COVID-19," jelas Artanto dalam keterangan tertulis, Kamis (12/11/2020).

Artanto menguraikan, penilaian tokoh terbaik Kampung Sehat NTB dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa indikator. Pertama, adanya kebijakan yang dibuat untuk mensukseskan pelaksanaan Lomba Cipta Kampung Sehat.

"Nah, berdasarkan hasil pengecekan dan penelusuran baik dari data dan kondisi lapangan, di Kabupaten Lombok Timur indikator terkait kebijakan bupati itu ada serta dilaksanakan dengan efektif. Bahkan bupati mengalokasikan anggaran daerah, untuk mendukung pelaksanaan Lomba Cipta Kampung Sehat di daerahnya, yang secara ketat ia kawal dan lakukan monitoring," papar Artanto.

Indikator penilaian berikutnya yakni adanya monitoring dan evaluasi rutin terhadap pelaksanaan Lomba Cipta Kampung Sehat. Sukisman juga dinilai telah melaksanakan dua poin tersebut di wilayahnya.

"Untuk indikator ini, Bupati Lombok Timur dinilai oleh tim juri independen dari Unram dan UIN Mataram, juga dinilai telah memenuhi kriteria. Pasalnya, beliau secara rutin baik langsung maupun dengan memerintahkan bawahannya, melakukan pengawasan dan terus mengevaluasi desa-desa di wilayahnya," ungkap Artanto.

"Hal ini juga diakui oleh Kepala Desa Kembang Kuning yang merupakan peraih Anugerah Awards Kampung Sehat NTB Terbaik Pertama," imbuhnya.

Diungkapkan Artanto, Sukisman dinilai oleh tim juri independen sebagai bupati yang rutin dan terjadwal dalam melakukan monitoring lapangan secara langsung. Keaktifan tersebut merupakan salah satu indikator yang dipersyaratkan tim juri untuk penilaian tokoh.

Sebagai informasi, Anugerah Awards merupakan puncak dari rangkaian program Kampung Sehat NTB di masa pandemi COVID-19.

(prf/ega)