Babinsa Tendang Pengamen Ondel-ondel Pencuri HP, Ini Kata Kodam Jaya

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 17:23 WIB
Kehadiran pengamen ondel-ondel jadi fenomena sendiri di Ibu Kota. Ondel-ondel kerap dimanfaatkan sebagai media untuk mencari rezeki sejumlah warga di Jakarta.
Foto ilustrasi ondel-ondel. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Seorang bintara pembina desa (Babinsa) menendang 2 pengamen ondel-ondel yang tepergok mencuri handphone di Kemang Utara, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kodam Jaya angkat bicara atas perbuatan personelnya itu.

"Kalau memang benar peristiwanya seperti itu, apa pun alasannya, tidak sepatutnya anggota kita apalagi Babinsa berbuat seperti itu," kata Penjabat Sementara (Pjs) Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Sebuah video yang memperlihatkan 2 pelaku pencurian tertangkap warga viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat seorang Babinsa yang memakai pakaian dinas lapangan (PDL) TNI memarahi keduanya.

Saat memarahi dua pemuda itu, sang babinsa tampak beberapa kali menendang bagian kepala mereka. Babinsa tersebut menendang pelaku pencurian secara bergantian.

Tampak seorang Bhabinkamtibmas berada di lokasi. Namun ia terlihat hanya diam saat Babinsa menendang pencuri HP. Hanya saja terdengar salah seorang mengingatkan sang Babinsa untuk tidak berlaku kasar.

Kolonel Refki mengingatkan prajurit di jajaran Kodam Jaya agar tidak berlaku arogan. Bila ada masyarakat yang melakukan tindak pidana, prajurit diminta untuk mengamankan saja dan menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

"Seharusnya diamankan dan diserahkan ke pihak Kepolisian saja, sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Kolonel Refki.

"Agar diproses melalui jalur hukum, bukan dengan cara-cara kekerasan seperti itu," tambahnya.

Kodam Jaya akan melakukan penelusuran terhadap Babinsa yang menendang pencuri HP itu. Babinsa tersebut akan diberi hukuman apabila terbukti melanggar hukum disiplin militer.

"Jika terbukti adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota kami, sudah pasti akan kita proses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," tegas Kolonel Refki.

Lihat jua video'Polisi Tangkap Komplotan Maling yang Gasak Baju-Celana Branded di Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti apa aksi pengamen ondel-ondel terpergok mencuri handphone? Simak di halaman selanjutnya.