PPP Anggap Wajar Bila Ada Bahasan Pilpres di Pertemuan Anies-Rizieq

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 17:32 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan temui Habib Rizieq di Petamburan Jakarta Barat
Anies Baswedan saat bertemu dengan Habib Rizieq. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ada yang menduga kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke rumah Habib Rizieq Syihab (HRS) berkaitan persiapan pemilihan presiden (pilpres). PPP menilai wajar jika ada pembahasan terkait Pilpres 2024 dalam pertemuan itu.

"Soal ada-tidaknya pembicaraan Pilpres 2024, ya tentu hanya yang hadir dalam silaturahmi itu saja yang tahu. Tapi kalaupun ada pembicaraan soal pilpres, ya wajar saja, wong soal pilpres mendatang ya sudah mulai jadi konsumsi di ruang publik," kata Sekjen PPP Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Arsul menilai bukan hal tabu lagi bila ada yang membahas persiapan Pilpres 2024, meski waktunya masih relatif jauh. Ia menyebut Pilpres 2024 sudah menjadi diskusi sehari-hari.

"Buktinya banyak survei yang kemudian dijadikan bahan diskusi media," ujar Arsul.

Wakil Ketua MPR RI itu kemudian melihat pertemuan Anies Baswedan dengan Habib Rizieq dari perspektif agama Islam. Arsul menilai kunjungan Anies ke rumah Rizieq sebagai silaturahmi antara seorang pemimpin dan ulama.

"Itu merupakan bentuk silaturahmi yang sangat dianjurkan kepada siapa pun. Jangankan dengan sesama muslim, Islam mengajarkan tali silaturahmi itu harus dibangun dengan semua umat manusia, termasuk kepada saudara-saudara kita yang tidak satu iman," tutur anggota Komisi III DPR ini.

"Dalam ajaran Islam pula ditekankan bahwa umara yang baik itu datang kepada ulama. Dalam posisi Anies sebagai gubernur, ia adalah umara dan HRS adalah ulama, maka bagus umara datang ke ulama sebagaimana Anies mengunjungi para pemuka umat kristiani sewaktu Natal," imbuh Arsul.

Bagaimana pertemuan Anies dengan Habib Rizieq? Simak di halaman selanjutnya.