Hari Ayah Nasional 2020: Ini Sejarah dan Ucapannya untuk Share di WhatsApp

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 15:17 WIB
Bunga Citra Lestari ucapkan hari ayah ke ashraf
Foto: Instagram
Jakarta -

Hari Ayah Nasional 2020 jatuh pada tanggal 12 November 2020. Ayah merupakan sosok kepala keluarga sekaligus panutan untuk anak-anaknya. Pengaruh ayah dalam keluarga pun sangat besar. Posisinya sejajar dengan ibu, tetapi ayah berperan sebagai kepala keluarga yang memberi nafkah sekaligus sebagai pelindung untuk keluarga.

Sejarah Hari Ayah

Dikutip dalam Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Indonesia Hari Ayah diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini pun disambut baik dan mendapat sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Setelah acara, panitia dibanjiri dengan pertanyaan, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Dengan adanya pertanyaan ini, PPIP berusaha mencari informasi terkait hari ayah hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. PPIP menanyakan kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ditetapkan, bolehkah seorang lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah.

Melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya".

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi peluncuran buku "Kenangan untuk Ayah" yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Setelah deklarasi, mereka mengirimkan buku dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati dari 4 daerah yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Ucapan Hari Ayah

1. Laki-laki luar biasa bagiku hanya ayah. Satu hari saja tidak cukup untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayangku padamu, Aku sayang ayah, selamat hari ayah.

2. Selamat hari ayah kepada ayah yang selalu mengajakku untuk berkembang dan mencintai sekitarnya. Ayah bagiku adalah panutan hidup. Selamat hari ayah 2020!

3. Aku bersyukur atas segala waktu yang kuhabiskan bersama ayah. Memiliki ayah di hidupku menjadikan diriku semakin spesial. Terima kasih ayah. Selamat hari ayah.

4. Ayah selalu mendukungku dengan suportif. Selalu ada saat aku membutuhkan. Ayah adalah yang terbaik di dunia ini. Selamat hari ayah 2020!

5. Ayah adalah pria paling biasa yang diubah oleh cinta menjadi pahlawan, petualang, penyanyi, dan pendongeng. Selamat Hari Ayah.

6. Ayah adalah seorang yang ingin mengangkat anak-anaknya saat mereka terjatuh. Ayah akan membiarkan anak-anaknya mencoba lagi dan bersiap untuk mengangkatnya kembali. Happy Father's Day.

7. Tidak ada yang lebih membahagiakan bagiku daripada mengetahui bahwa aku telah menemukan sosok ayah yang begitu penuh kasih dalam hidupku. Selamat Hari Ayah.

8. Selamat hari ayah kepada ayah yang selalu mengajakku untuk berkembang dan mencintai sekitarnya. Ayah bagiku adalah panutan hidup. Selamat hari ayah 2020!

9. Layaknya bintang, ayah selalu bersinar terang menuntun setiap langkahku. Ayah selalu berada di hati dan pikiranku. Aku sayang ayah!

10. Terima kasih telah merawat dan menjagaku penuh cinta, ayah. Kasihmu akan selalu kukenang. Selamat hari ayah!

(lus/erd)