Bupati Labura Ditahan KPK, PAN Yakin Pencalonan Anaknya Tak Terganggu

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 09:48 WIB
Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah ditahan KPK, Selasa (10/11/2020).
Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah ditahan KPK. (Farih/detikcom)
Labuhanbatu Utara -

KPK menetapkan Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Kharuddin Syah Sitorus sebagai tersangka terkait kasus mafia anggaran. Anak Khairuddin, Hendri Yanto Sitorus, saat ini sedang maju di Pilkada Labura.

"Iya (Hendri anak Khairuddin)," kata Ketua PPP Labura, M Ali Borkat Sinaga, saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/11/2020).

Ali mengatakan PPP mengusung Hendri bersama Hanura, PAN, dan PBB. Hendri maju berpasangan dengan Samsul Tanjung dan mendapat nomor urut 4.

"Selain PPP, Hanura, kemudian PAN, PBB," ujar Ali.

Sekretaris PAN Sumut, Hendra Cipta, mengatakan kasus yang menjerat Kharuddin tak akan berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas Hendri. Menurutnya, Hendri tak punya kaitan dengan kasus yang menjerat ayahnya.

"Sepertinya tidak terlalu memberikan pengaruh secara signifikan terhadap pasangan calon Bupati Hendri Yanto Sitorus di Labura, karena masyarakat saat ini sudah sangat cerdas untuk memilih. Kasus Bupati Labura kan tidak ada kaitannya dengan calon bupati yang sedang berkompetisi," tutur Hendra.

Dia meyakini warga bakal memilih berdasarkan program yang ditawarkan. Hendra mengatakan paslon yang diusung PAN menawarkan program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

"Masyarakat saat ini cenderung melihat program apa yang ditawarkan untuk pembangunan," ucapnya.

Bagaimana detail kasus yang menjerat Kharuddin? Simak di halaman berikutnya.