Soal Karantina 14 Hari Habib Rizieq, Ini Kata Lurah hingga Dinkes DKI

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 06:03 WIB
Usai menyampaikan orasi di depan massa pendukung, Habib Rizieq kemudian turun dari mobil komando dan menaiki mobil warna putih masuk ke rumahnya.
Habib Rizieq saat di jalan hendak menuju ke rumahnya (Tim detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq Syihab sudah pulang dari Arab Saudi dan kini berada di rumahnya, Petamburan, Jakarta Pusat. Surat Menteri Kesehatan mengatur agar WNI yang datang dari luar negeri menjalani 14 hari karantina. Apakah aparat terkait bakal menjaga Rizieq supaya menjalankan karantina 14 hari?

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri 17 September 2020, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di provinsi diketuai oleh Gubernur. Wali Kota juga membentuk Satgas tingkat kecamatan dan kelurahan. Rizieq tinggal di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat. Begini kata Lurah Petamburan, Setiyono.

"Saya belum tahu. Kalau itu dari (Dinas) Kesehatan. Ya mungkin konfirmasinya dari (Dinas) Kesehatan," kata Setiyono saat dimintai konfirmasi oleh detikcom, Rabu (11/11/2020).

Satgas COVID-19 terrendah ada di tingkat RT dan RW. Setiyono tidak mengkoordinasikan perintah penjagaan karantina Habib Rizieq ke RT dan RW tempat Habib Rizieq bermukim, soalnya ini adalah urusan 'orang besar', bukan level RT atau RW.

"Ngak itu Pak, kalau terkait itu, kewenangannya. Karena itu juga kan orang besar," kata Setiyono.

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, menjelaskan masalah karantina warga adalah ranah Satgas COVID-19. Namun dia berbaik sangka, Habib Rizieq sendiri pasti memahami bahwa dirinya perlu mengkarantina diri selama 14 hari.

"Unsur yang paling dekat kan RT/RW. Puskesmas kan nggak mungkin nongkrongin Habib selama 14 hari di depan rumahnya. Gugus Tugas (Satgas -red) RT/RW-lah yang memastikan itu semua. Saya kira Habib juga mengerti," kata Erizon.

Selanjutnya, pihak Dinas Kesehatan DKI berbicara:

Selanjutnya
Halaman
1 2