Bima Arya: Kita Perlu Pahlawan Kekinian yang Peduli Lingkungan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 22:25 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya
Foto: dok. Pemkot Bogor
Depok -

Momentum Hari Pahlawan dimanfaatkan Wali Kota Bogor Bima Arya untuk menyusuri Sungai Ciliwung selama dua hari. Hal ini dilakukannya untuk mengkampayekan kesadaran lingkungan hidup sekaligus memetakan titik potensi banjir.

"Hari ini Hari Pahlawan, pesan kita adalah bahwa hari ini kita perlu pahlawan-pahlawan kekinian yang lebih peduli sama lingkungan, siapa itu, komunitas teman-teman Ciliwung Depok, teman-teman komunitas Ciliwung Bogor, Satgas Ciliwung, itu pahlawan masa kini," ujarnya ditemui di Komunitas Ciliwung Depok, Selasa (10/11/2020).

Bima menambahkan Pemkot Bogor bersama Satgas Komunitas Peduli Ciliwung sudah melakukan upaya perbaikan untuk meminimalisir dampak dari pencemaran Sungai Ciliwung. Bahkan, ia mengklaim dalam dua tahun terakhir ada peningkatan perbaikan.

"Kita sudah jalankan Satgas Ciliwung ini dua tahun dan dianggarkan APBD. Berdasarkan catatan kita banyak improvement, banyak perbaikan dalam hal timbunan sampah, dan kebersihan. Karena teman-teman ini fulltime tiap hari, nah kami ingin yang dilakukan di Bogor juga dilakukan di daerah-daerah lain juga," ungkapnya.

Oleh karena itu, Bima berharap pada momentum Hari Pahlawan dan dilanjutkan Hari Ciliwung pada 11 November esok, masyarakat dapat teredukasi dan menyadari betapa pentingnya lingkungan hidup sebagai salah satu penopang kesehatan masyarakat.

"Jadi pesan kita itu satu Hari Pahlawan, yang kedua adalah Hari Ciliwung, jadi kita ingin menyampaikan pesan kemana-mana sebetulnya, ini bukan hanya soal Ciliwung, ini juga soal Cisadane, Bengawan Solo, soal sungai-sungai di seluruh Indonesia yang harusnya bisa jadi perhatian kita semua," jelasnya.

Sebagai informasi, ekspedisi Sungai Ciliwung ini berlangsung pada dua hari yakni 10-11 November. Adapun titik awal ekspedisi dimulai di kawasan Sukaresmi, Kedunghalang, Kota Bogor dan akan berakhir di pintu Air Manggarai pada esok hari.

Pada hari pertama tim ekspedisi yang dipimpin Bima Arya berangkat pukul 10.00 WIB dan tiba di Depok sebelum magrib. Bima bertemu dengan komunitas peduli Ciliwung Depok, dan mewacanakan untuk menggelar Festival Ciliwung di awal tahun baru 2021.

Kegiatan tersebut dinilainya sebagai salah satu strategi untuk mengedukasi masyarakat untuk tidak mencemari lingkungan dengan membuang sampah ke Sungai. Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan secara kolaborasi dengan lintas wilayah agar bisa bersama menaturalisasi sungai tersebut.

(prf/ega)