Round-Up

Lumpuh Total ke Soetta saat Pendukung Habib Rizieq 'Putihkan' Bandara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 21:44 WIB
Massa Habib Rizieq menjemput pemimpin mereka di Bandara Soetta. Imbasnya, Tol Bandara Soetta macet di kedua arah, Selasa (10/11/2020).
Foto: Tol Bandara Soetta macet di kedua arah (Tim detikcom)
Jakarta -

Ramai penjemput Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab di Bandara Soekarno-Hatta sejak subuh. Mereka ingin menyaksikan imam besarnya tiba di tanah air sekitar pukul 09.00 WIB, setelah 3,5 tahun berada di Arab Saudi.

Namun, karena banyaknya massa yang ingin menjemput, maka lalu lintas (lalin) di Tol Sedyatmo arah bandara tersedat. Macet tidak bisa dihindarkan hingga sepanjang 9 km dari tol sampai area Terminal 3.

Pantauan detikcom, Selasa (10/11/2020), di Km 30 Tol Prof Sedyatmo, Jakarta, kendaraan mengarah ke Bandara Soetta tak dapat melaju. Akhirnya, massa memilih turun dari mobil lalu berjalan kaki.

Tak hanya massa penjemput yang mendapat imbas, namun penumpang biasa. Mereka harus ikut turun dan berjalan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Bagi para penumpang yang terimbas macet, pihak kepolisian bersama Jasa Marga menyiapkan angkutan darurat. Pantauan detikcom di GT Cengkareng 2 Tol Sedyatmo, telah disiapkan shuttle bus, mobil Patwal hingga truk untuk membantu penumpang menuju bandara.

"Silakan yang mau ke bandara tunggu di sini, nanti ada shuttle," ujar petugas di GT Cengkareng 2.

Jika dihitung dari pintu depan bandara, kemacetan terjadi sepanjang kurang-lebih 7 km. Namun bagi massa penjemput HRS yang masih ingin mendekat langsung ke Terminal 3, mereka harus menempuh perjalanan 2 km lagi untuk bisa masuk ke terminal.

"Pagi ini ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo arah Bandara Soekarno-Hatta padat, ekor antrean telah mencapai KM 27+600 (7 km). Hal ini disebabkan karena kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pukul 04.00 WIB," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti dalam keterangannya kepada wartawan.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, Jasa Marga dan kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan diputar balik di Km 30+800.

"Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola ruas tol tersebut telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalulintas guna mengurai kepadatan di jalan tol, bagi pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan menuju ke Bandara diputarbalikkan di u-turn Km 30+800," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3