Pekan Ini, Kenaikan Kasus dan Kematian Corona di Jateng Tertinggi di RI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 16:51 WIB
Poster
Ilustrasi penyebaran Corona di Jawa Tengah. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengumumkan data 5 besar provinsi dengan kenaikan dan kematian tertinggi virus Corona (COVID-19) per pekan ini. Berdasarkan data Satgas COVID-19, Jawa Tengah menjadi provinsi dengan kenaikan dan kematian kasus Corona tertinggi.

"Namun sangat disayangkan bahwa provinsi yang sebelumnya berhasil keluar dari 5 besar kembali masuk ke dalam 5 besar dengan kenaikan kasus tertinggi. Lima provinsi ini diisi oleh Jawa Tengah naik sebesar 919, Jawa Barat sebesar 833, DKI Jakarta sebesar 410, Kalimantan Timur sebesar 207, dan Kalimantan Barat sebesar 199," kata juru bicara (jubir) Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube BNPB, Selasa (10/11/2020).

Satgas COVID-19 mengingatkan 5 provinsi tersebut agar tidak lengah. Sebab, Satgas COVID-19 melihat provinsi yang masuk 5 besar kenaikan dan kematian Corona tertinggi tidak berubah dari beberapa pekan sebelumnya.

"Kenaikan terpusat pada Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Dimohon kepada kelima provinsi ini untuk jangan lengah. Kami melihat tren bahwa 5 besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi masih konsisten pada 10 provinsi pada pekan ini dan pekan sebelumnya, tidak ada perubahan secara signifikan," terang Wiku.

Selanjutnya, Jawa Tengah juga masuk 5 besar provinsi dengan kenaikan kasus kematian Corona tertinggi. Di bawah Jawa Tengah, ada Jawa Timur, dan Sumatera Selatan.

"Perlu perhatian khusus pada provinsi yang pada pekan ini masuk ke dalam 5 besar kenaikan kematian tertinggi, yaitu Jawa Tengah naik 25, Jawa Timur naik 10, Sumatera Selatan naik 9, Banten naik 8, dan Sumatera Utara naik 8. Sedikit berbeda dengan tambahan kasus positif. Untuk penambahan kasus kematian mingguan tertinggi didominasi oleh Pulau Jawa dan Pulau Sumatera," papar Wiku.

Diberitakan sebelumnya, jumlah kasus positif Corona di Indonesia terus bertambah. Jumlah kasus pada hari ini bertambah 3.779, sehingga total menjadi 444.348.

(zak/imk)