Gubsu Cerita Warga Susah Diatur Saat Pandemi: Bikin Pesta, Diundang Pula Saya

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 15:22 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi bercerita tentang rakyat yang susah diatur saat pandemi Corona. Dia mencontohkan warga yang masih membuat pesta nikah, meski pandemi belum berakhir.

Edy awalnya menceritakan masih ada keluarga yang menolak pasien meninggal COVID-19 dikubur dengan protokol kesehatan. Peristiwa itu, kata Edy, baru saja terjadi tadi pagi.

"Tadi pagi ribut terus, sudah meninggal keluarganya tidak mau dilakukan protokol kesehatan. Tak mau dia. Tak ada Corona itu katanya," kata Edy di RS Hermina Medan, Selasa (10/11/2020).

Edy mengatakan keluarga itu awalnya menerima dinyatakan terpapar Corona saat si pasien masih hidup. Namun, setelah meninggal dan akan dikubur, keluarga menyampaikan penolakan.

Edy kemudian menjelaskan data terakhir pasien positif Corona yang meninggal di Sumut. Edy mengatakan hingga kini angka pasien Corona yang meninggal di Sumut mencapai 4,1 persen dari seluruh jumlah pasien.

"Tapi kenyataan, kita masih 4,1 persen yang meninggal, 544 jumlah orang yang meninggal. Walaupun sudah 81 persen kesembuhan, masih di bawah nasional, nasional 82 (persen)," ucapnya.

Selanjutnya, Edy bercerita tentang masih banyaknya pesta nikah yang digelar saat pandemi. Kata Edy, dia juga ikut diundang dalam pesta-pesta nikah itu.

"Nikah-nikah, pesta-pesta, itu juga masih susah di atur rakyat kita ini. Tapi saya pula diundang orang itu. Inilah repotnya, kita marah-marah, diundang pula saya," tutur Edy.

Edy mengatakan dia pun menghadiri undangan itu. Namun dia mengaku tidak lama berada di lokasi nikah karena adanya kerumunan warga.

"Datang saya ke sana, berkerumun begitu, cepat-cepatlah saya pulang, ini yang kesulitan saya sekarang," jelasnya.

Lihat juga video 'Gubernur Sumbar Nikahkan Putranya, Gelar Pesta 3 Hari Berturut-turut':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)