Ketua KPK: Lihat Saja Minggu Depan, 2 Kepala Daerah Akan Ditahan!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 14:24 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri usai menjalani sidang etik yang digelar oleh Dewan Pengawas KPK, di gedung C1 KPK Kuningan Jakarta, Selasa (25/8/2020) . Persidangan yang berlangsung tertutup tersebut memeriksa Firli atas dugaan  pelanggaran etik terkait aktivitas penggunaan fasilitas berupa helikopter mewah atas laporan Masyarakat Anti Korupsi (MAKI).
Ketua KPK Firli Bahuri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan akan ada 2 kepala daerah yang ditahan pada pekan depan. Dua orang itu disebut Firli adalah bupati dan wali kota.

Awalnya Firli memberikan pembekalan bagi para calon kepala daerah dari Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. Kegiatan itu turut diikuti penyelenggara pemilu.

"Terbanyak yang tertangkap korupsi karena suap itu tahun 2018, 30 kali orang tertangkap tangan karena korupsi. Dan 30 kali itu 22 kepala daerah, setahun. Pilkada 2018 tertinggi," ujar Firli saat Webinar Nasional Pilkada Berintegritas 2020 yang disiarkan kanal YouTube KPK, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, Firli menyebut sebaran kasus korupsi di 34 provinsi di Indonesia. Menurut Firli, terjadi kasus korupsi yang ditangani KPK di 26 provinsi dari 34 provinsi sepanjang 2014-2020.

"Kalau begitu hanya 8 (provinsi) yang tidak atau belum ketangkap," ucap Firli.

Lalu Firli menyebutkan pekan depan akan ada 2 kepala daerah yang ditahan KPK. Namun Firli tidak menyebutkan siapa.

"(Tahun) 2020 ini kami sudah tahan 1, 2, 3, sudah 3 kepala daerah yang kita tahan. Terbaru kemarin Tasik (Wali Kota Tasikmalaya)," ujar Firli.

"Nanti minggu depannya ada Pak, Bapak lihat saja nanti, minggu depannya ada lagi, bupati dan wali kota," imbuhnya.

Simak juga video 'Sukacita Tetangga Tunggu Kedatangan Rizieq di Petamburan':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/fjp)