Round-Up

Waspada Periode Tetas Anakan Ular di Musim Penghujan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 05:03 WIB
Puluhan telur ular ditemukan di gudang sebuah rumah warga Bekasi (Dok. Istimewa)
Foto: Puluhan telur ular ditemukan di gudang sebuah rumah warga Bekasi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Musim hujan telah tiba. Penemuan telur-telur ular di permukiman warga diprediksi akan kembali marak. Hal itu dikarenakan ular memasuki periode tetas menjelang akhir tahun atau bertepatan dengan musim hujan.

Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat meminta masyarakat untuk mewaspadai periode tetas ini. Telur hingga bayi-bayi ular bisa saja bersemayam di rumah tinggal warga.

"Bulan November dan Desember adalah bulan menetasnya telur-telur ular karena proses siklus biologi alami mereka. Seperti tahun lalu, banyak ditemukan bayi-bayi kobra di sekeliling rumah tinggal kita," kata Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Aji menjelaskan ular memiliki musim kawin musiman. Bulan Agustus-September jadi periode ular bertelur di sekitar hunian manusia sedangkan pada Bulan November-Desember periode telur menetas.

Ular cenderung bertelur di tempat-tempat yang banyak mangsa ataupun makanan untuk bayi-bayinya. Salah satu tempat yang memenuhi kriteria itu tentunya tempat tinggal manusia.

Di sana, ular dapat menemukan sejumlah hewan lainnya, misal tikus hingga cacing.

"Makanan ular/mangsa banyak di temukan di sekitar hunian. Dari cacing-jangkrik-kadal-kodok-tikus hingga burung merupakan prey alami ular yang mudah ditemukan. Mangsa-mangsa ini akan mengundang ular hadir di sekitar tempat tinggal warga dan jika ada area yang nyaman, ular akan berkembang biak," kata Aji.

Aji menambahkan jumlah ular diperkirakan semakin banyak dari tahun ke tahun. Hal itu disebabkan predator ular serta telur ular semakin sedikit. Mulai dari burung elang, burung hantu, dan burung karnivora lainnya juga sudah tidak banyak lagi. Karena hal ini, menyebabkan tidak adanya kontrol populasi dari alam.

Tahun 2019, masyarakat dikejutkan dengan fenomena penemuan telur-telur ular yang bersarang di rumah warga. Simak di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2