Bukan Hanya Inovasi, Bowin Beri Dampak Sosial ke Masyarakat Indonesia

Content Promotion - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 20:40 WIB
Bowin Indonesia sangat concern terhadap social entrepreneurship sehingga ada keinginan untuk dapat memberikan dampak ke masyarakat.
Foto: dok. Bowin
Jakarta -

Setiap usaha pasti memiliki kunci menuju kesuksesan yang diinginkan. Sama seperti yang dilakukan Bowin Indonesia yang mempunyai kuncinya tersendiri untuk sukses yaitu inovasi dan juga dapat memberikan dampak sosial bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Direktur Bowin Indonesia Edwin Tanbowi yang menuturkan sejak berdiri pada tahun 2018, Bowin Indonesia sangat concern terhadap social entrepreneurship sehingga ada keinginan untuk dapat memberikan dampak ke masyarakat.

"Kita pun juga mempunyai beberapa campaign, seperti yang sebelumnya yaitu kampanye #AyoLawanPolusi dan #1Masker1Kebaikan yang mengajak masyarakat untuk membeli satu masker donasi satu benih pohon. Dan yang sekarang yaitu kampanye satu masker satu kebaikan. Dengan kampanye ini kita membagikan satu masker setiap pembelian satu masker ke masyarakat yang tidak mampu," ungkap Edwin saat ditemui detikcom di bilangan Jakarta Barat, Kamis (5/11/2020).

Sebagai perusahaan lokal, Bowin juga bekerja sama dengan beberapa ibu rumah tangga yang menjadi partner dalam membantu proses produksi yang selama ini digerakkan oleh Bowin Indonesia.

"Jadi mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menjahit masker kita, untuk melakukan packaging produk kita dan seterusnya. Jadi memang dari awal kita social entrepreneurship, sehingga kita tidak hanya ingin mendapatkan profit tapi juga ingin memberikan dampak sosial," tutur Edwin.

Di sisi lain, Edwin mengatakan Bowin juga melakukan berbagai inovasi agar dapat bersaing di pasar dengan produk-produk dari luar Indonesia. Edwin mengakui produk-produk dari Bowin mulai dari masker hingga Air Purifier punya kualitas yang tak kalah baiknya dengan produk luar, bahkan ada beberapa produknya yang lebih unggul.

Seperti inovasi pada produk masker yang diproduksi Bowin yang punya fitur filter N-99 dan dapat dimasukkan ke dalam masker sehingga mampu menyaring partikel hingga 2,5 mikrometer. Ada lagi produk UVC Sterilizer yang merupakan sinar gelombang pendek untuk membunuh bakteri pada benda yang tak dapat disemprot disinfektan.

"Contohnya alat-alat elektronik dan sendok kan tidak mungkin kita semprot disinfektan kalau lagi makan di luar karena kan berbahaya. Jadi produk UVC ini bermanfaat untuk membersihkan benda-benda tersebut," jelas Edwin.

Bowin Indonesia sangat concern terhadap social entrepreneurship sehingga ada keinginan untuk dapat memberikan dampak ke masyarakat.Bowin Indonesia sangat concern terhadap social entrepreneurship sehingga ada keinginan untuk dapat memberikan dampak ke masyarakat. Foto: dok. Bowin

Bowin juga memiliki deretan produk lainnya yang diklasifikasikan dalam 4 kategori yaitu Masker, Air Purifier, Lampu UVC, dan Sanitasi. Jejeran produk dari Bowin tersebut juga memiliki inovasi terbaru yang dikembangkan oleh Bowin. Seperti filter udara atau Air Purifier yang menggunakan filter terbaik sehingga mampu untuk menyaring udara di dalam ruangan.

"Kita sih idenya memberi proteksi dalam ruangan, jadi perlu ada Air Purifier yang mampu menyaring. Nah, keunggulan kita itu ada di teknologi filter HEPA13 yang mengambil dari filter terbaik," ujar Edwin.

Bowin pun akan terus memberikan inovasi dan solusi yang terbaik untuk menjawab tantangan ke depannya. Karena menurut Edwin masalah kesehatan tidak hanya berada di masa pandemi saja, tetapi juga menjadi masalah sehari-hari.

"Di sehari-hari saja itu banyak banget masalah kesehatan yang mungkin masyarakat kurang aware. Dan sekarang juga menjadi waktu yang tepat untuk lebih memperhatikan kesehatan masing-masing, bahwa tubuh perlu dirawat. Maka daripada itu kita akan terus berinovasi dan memberi solusi yang terbaik," pungkasnya.

(ads/ads)