KPK Akan Bantu Otoritas Inggris Usut Kasus Suap Eks Dirut Garuda

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 11:33 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Inggris tengah menyelidiki kasus suap dan korupsi dari kesepakatan antara produsen pesawat Bombardier Inc, Air Bus S.A.S, Avions de Transport Regional (ATR), Rolls-Royce, dan PT Garuda Indonesia. KPK menyatakan akan membantu penyelidikan terkait kasus yang menyeret mantan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar.

Awalnya, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan selama ini KPK dengan otoritas asing selalu menjalin kerja sama dalam mengusut sejumlah perkara. Ali menyebut KPK bahkan sejak awal bekerja sama dengan Serious Fraud Office (SFO) Inggris dan CPIB Singapura saat dulu menangani suap pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia.

"Sejauh ini KPK dalam kerangka kerja sama internasional sudah lama menjalin kerjasama dengan otoritas asing baik agent to agent maupun melalui MLA sejak awal menangani perkara dugaan suap terkait dengan pengadaan mesin pesawat PT Garuda Indonesia. KPK telah bekerja sama dengan otoritas penegak hukum di beberapa negara terkait, di antaranya SFO Inggris dan CPIB Singapura," kata Ali dalam keterangannya, Sabtu (7/11/2020).

Ali menyebut kerja sama yang dilakukan adalah dengan tukar-menukar data dan informasi antara KPK dan SFO. Saat itu, kata dia, KPK tengah menangani perkara suap yang melibatkan Emirsyah Satar.

"Satu di antaranya dengan pihak SFO dalam bentuk tukar-menukar data dan informasi, utamanya saat KPK sedang menangani perkara suap yang melibatkan (eks) Direktur Utama Garuda Indonesia dkk tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, KPK memastikan kerja sama itu akan terus dilakukan. Kali ini, kata Ali, KPK juga akan membantu otoritas Inggris menyelidiki kasus dugaan suap yang menjerat eks Dirut Garuda Indonesia tersebut.

"Tentu kerja sama ini akan terus dilakukan. KPK juga akan membantu pihak SFO yang sedang melakukan penyelidikan terkait kasus Garuda ini," ucap Ali.

Tonton juga video 'Sidang Eks Dirut Garuda, Penyanyi Iis Sugianto Jadi Saksi':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti apa kasus yang menjerat Eks Dirut Garuda, Emirsyah Satar? Simak di halaman selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2