Rayakan 1 Dekade, Gojek Beri Apresiasi untuk Mitra di Asia Tenggara

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 13:09 WIB
Gojek
Foto: Gojek
Jakarta - Satu dekade lalu, Gojek mulai menancapkan tonggak sejarahnya dalam industri transportasi Tanah Air. Di awal kehadirannya, Gojek didukung oleh 20 mitra driver dengan tiga jenis layanan, transportasi roda dua, pengantaran dan pemesanan barang.

Setelah 10 tahun berlalu, Gojek pun berkembang menjadi superapp terdepan di Asia Tenggara dengan layanan yang meluas dan semakin banyak mitra yang bergabung dalam ekosistemnya. Kehadiran para mitra driver dan mitra usaha merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rangkaian langkah keberhasilan Gojek. Kontribusi mereka membuat Gojek bisa menjadi raksasa teknologi yang telah berekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Sebagai apresiasi kepada para mitra, Gojek mengadakan ajang tahunan Mitra Juara Gojek (MJG). Di tahun 2020, Gojek menyelenggarakan MJG untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

MAG adalah apresiasi kepada mitra yang sehari-hari menjalankan nilai-nilai (value) Gojek serta menyebarkan semangat #PastiAdaJalan, optimisme, dan kerja keras. Mereka tidak hanya memberikan performa terbaik, tetapi juga berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya, serta menularkan semangat untuk tetap bangkit di masa pandemi.

"Selama sepuluh tahun, Gojek bersama-sama dengan para mitra driver dan mitra usaha telah membantu dan memudahkan kehidupan jutaan masyarakat. MJG 2020 adalah program penghargaan tahunan Gojek bagi para mitra inspiratif kami yang terus menunjukkan kekuatan, optimisme, kerja keras, serta ketekunan agar dapat tetap produktif terutama di masa-masa sulit seperti sekarang ini," kata Co-Founder & Co-CEO Gojek Kevin Aluwi.

"Membawa semangat #PastiAdaJalan, para mitra juara telah terus memberikan dampak positif di komunitas mereka. Melalui berbagai cara, mereka telah menginspirasi kami untuk terus berinovasi sehingga dapat maju bersama," imbuh Kevin.

MJG 2020 juga merupakan bagian dari perayaan Hari Jadi Gojek ke-10. Dalam momentum satu dekade eksistensi Gojek, apresiasi diberikan tidak hanya kepada mitra di Indonesia, tapi juga mitra di negara tempat operasional Gojek lainnya, yakni Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Pada MJG tahun ini, Gojek memberikan penghargaan kepada 27 mitra dari 9 kategori. Adapun kategori tersebut antara lain MJG Kategori Roda Dua, MJG Kategori Roda Empat, MJG Kategori Logistik, MJG Kategori GoFood, MJG Kategori GoPay, MJG Kategori Mapan, MJG Thailand, MJG Singapura, dan MJG Vietnam.

Selain kesembilan kategori tersebut, terdapat satu kategori khusus yakni Mitra Juara Pilihan Gojekers. Pemenang kategori khusus ini ditentukan berdasarkan hasil penilaian masyarakat pengguna Gojek terhadap kisah inspiratif para mitra yang menjadi juara 1 di masing-masing kategori.

Para mitra Gojek di setiap kategori tidak hanya membuahkan kinerja terbaik, tetapi mereka memiliki kisah inspiratif dalam membantu dan memberikan dukungan kepada sesama, khususnya di masa pandemi. Berikut ini ulasan singkat kisah para mitra juara di setiap kategori MJG 2020 dari Indonesia.

Kategori Mapan: Lasmawati (Ciamis)

Ibu Lasmawati adalah seorang guru honorer yang mendedikasikan diri untuk memajukan pendidikan sekaligus memapankan ibu-ibu desa agar melek teknologi, melalui arisan Mapan. Melalui kerja kerasnya, Lasmawati juga berhasil meraih gelar sarjana untuk membanggakan ibunya.

Kategori GoPay: Dihya Nur Rifqy, pengusaha waralaba Es Teh Indonesia (Bogor)

Dihya sebagai pengusaha salah satu waralaba Es Teh Indonesia membagikan produknya kepada mereka yang harus tetap bertugas dan berada di jalan selama masa pandemi, termasuk pekerja sektor informal seperti badut, pemulung, dan pengamen jalanan, serta para tenaga medis.

Kategori Logistik (GoSend Sameday & GoBox): Heru Wibowo (Jakarta)

Selain menjalankan tugas sehari-hari sebagai driver GoSend Sameday, Heru membentuk koperasi di bidang sembako dan konveksi dengan iuran bulanan Rp50 ribu per anggota. Keuntungan usaha dijadikan dana pinjaman bagi mitra yang membutuhkan.

Kategori GoFood: Dodi Sandra, Pemilik Pempek Pistel Kiarin (Bandung)

Awalnya, Dodi adalah mitra Gojek roda dua sebelum akhirnya mengikuti kegiatan wirausaha Gojek dan menjadi mitra GoFood. Di tengah pandemi, Dodi menyediakan makanan dan minuman serta snack gratis kepada mitra driver yang tengah menunggu pesanan di tempatnya.

Kategori Roda Empat: Budi Julian (Jakarta)

Di sela rutinitasnya sebagai mitra driver, Budi menyempatkan diri untuk membuka bengkel berjalan di tengah pandemi dengan pembayaran jasa yang bisa dicicil 4x tanpa bunga untuk membantu sesama mitra.

Kategori Roda Dua: Eddy Jahja Asnam (Bandung)

Sejak 2017, Eddy yang kerap dipanggil Abah Eddy sering membagikan masker kain gratis produksi sendiri kepada penumpang. Kini, di tengah pandemi, semakin banyak masker yang ia bagikan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Total, sudah 15.000 masker gratis yang dibagikan di Bandung dan kota- kota lain. Abah Eddy juga memberikan pelatihan menjahit, sablon, dan kuliner kepada sesama mitra driver lewat Wadah Mitra Produktif (Wampro) yang digagasnya. Ia melakukan cara tersebut untuk membantu para mitra driver agar memiliki keahlian dan keterampilan tambahan.

"Kami menghadirkan enam Kisah Mitra Inspiratif dari Indonesia, yang merupakan juara 1 dari masing-masing kategori. Masyarakat dapat memilih salah satu dari mereka untuk menjadi pemenang kategori khusus Mitra Juara Pilihan Gojekers yang akan diumumkan di acara perayaan utama Hari Jadi ke-10 Gojek dalam waktu dekat," jelas Co-CEO Gojek Andre Soelistyo.

Masyarakat bisa menyaksikan Kisah inspiratif dari para mitra Gojek dan memilih kisah paling inspiratif yang dianggap layak menjadi pemenang Mitra Juara Pilihan Gojekers melalui laman gojek.com/hari-jadi/ atau via tautan http://bit.ly/MJG2020.

(ega/ega)