Danseskoal Ajak Perwira Siswa Sinergi Antar Penegak Hukum Lindungi Laut RI

Mega Putra Ratya - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 22:48 WIB
Seskoal
Foto: Seskoal
Jakarta -

Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA.2020 menyelenggarakan Seminar Akhir Pasis secara online.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., dalam sambutannya mengatakan Seminar Akhir ini merupakan salah satu puncak kegiatan Pasis Dikreg Seskoal yang dilaksanakan pada tahap akhir pendidikan ini.

"Seminar Akhir Pendidikan ini dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi media bagi para Pasis dalam mengembangkan aspek kemampuan akademis maupun etika komunikasi formal. Dalam Seminar ini para Pasis dapat belajar mengemukakan dan mempertahankan gagasan maupun pendapat yang telah dirumuskan dan disusun, serta dapat menyerap maupun menerima adanya perbedaan persepsi atau pendapat dari berbagai sudut pandang secara akademis," ujar Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto dalam keterangannya, Kamis (5/11/2020).

Hal itu dikatakan saat webinar yang bertempat di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (4/11),

Seminar ini bertema "Membangun Sinergi Antar Lembaga Penegak Hukum Dalam Melindungi Kepentingan Nasional Indonesia di ZEEI Laut Natuna Utara". Menurut Danseskoal, tema ini sangat erat dengan tugas dan fungsi TNI Angkatan Laut dalam melindungi kepentingan Nasional, sehingga menjadi relevan untuk dikaji di lembaga pendidikan ini.

Selanjutnya diharapkan melalui pelaksanaan seminar ini, ada tanggapan dan saran-saran yang membangun untuk dapat lebih menyempurnakan ide-ide Pasis tentang membangun sinergi antar lembaga lembaga penegak hukum dalam melindungi kepentingan nasional di Indonesia di ZEEI Laut Natuna Utara.

"Sehingga akan melahirkan suatu gagasan sebagai suatu solusi akademik, khususnya terkait sinergi antar lembaga penegak hukum dalam melindungi kepentingan nasional Indonesia di ZEEI Laut Natuna Utara," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Danseskoal menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber, para undangan, para peserta seminar, pejabat utama dan Dosen Seskoal yang telah mendukung kegiatan Seminar Akhir Pasis ini sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Adapun Narasumber dan Penanggap dalam seminar ini antara lain Narasumber pertama, Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjuna, S.H., LL.M.,yang akan menanggapi dari perspektif kepentingan nasional dan kebijakan.

Narasumber kedua, Deputi Bidang Operasi dan Latihan Badan Keamanan Laut RI Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., menanggapi dari perspektif operasional berkaitan dengan tugas dan fungsi Bakamla dalam penegakan hokum di ZEEI Laut Natuna Utara.

Narasumber ketiga, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP Dr. Pung Nugroho Saksono, A.Pi., M.M., dari perspektif operasional berkaitan dengan tugas dan fungsi KKP dalam penegakkan hukum di ZEEI Laut Natuna Utara.

Dan narasumber keempat, Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D., akan menanggapi dari perspektif hukum nasional dan internasional.

Sementara itu pada seminar yang di Ketuai oleh Kasenat Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 Mayor Laut (P) Nurwahidin, S.H., dilaksanakan pula paparan makalah oleh Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 Mayor Laut (P) Herwanto, S.E., M.M., dengan dipandu moderator Mayor Laut (P) Oscar Johannes Novie dan Widya Saputra.

Seminar yang diadakan secara daring dan menerapkan protokol kesehatan diikuti oleh Pejabat TNI- POLRI, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Kapusjianmar Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kakoordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Bambang Pramusintho,M.A., Dipl War College,.

Selain itu ada juga para pejabat utama Seskoal, para Dosen Seskoal, Perwakilan Lemhanas, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Pertahanan, Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 serta Dosen dan Mahasiswa dari Universitas ternama di Indonesia.

(ega/mpr)