Pencemaran Lingkungan Hidup : Pengertian, Jenis, dan Penyebabnya

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 16:39 WIB
Pantai Marunda masih menjadi destinasi populer bagi warga sekitar yang ingin berwisata murah meriah. Namun sayangnya, sampah merusak keindahan pantai ini.
Pencemaran lingkungan di Pantai Marunda, Jakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pencemaran lingkungan hidup merupakan masalah yang harus dihadapi semua negara di dunia baik negara maju maupun berkembang. Sejumlah faktor seperti pertumbuhan populasi dunia dan teknologi mendorong pemanfaatan seluruh sumber daya alam sampai ke titik maksimum.

Konsekuensinya terjadi sejumlah persoalan lingkungan hidup baik itu pencemaran tanah, air, dan udara. Lebih jauh lagi, persoalan lingkungan tersebut dapat mengancam kehidupan makhluk hidup terutama manusia.

Agar dapat memahami masalah ini, kita perlu tahu terlebih dahulu soal pengertian pencemaran lingkungan hidup.

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup

Seperti yang dikutip dari The Environment Dictionary karya David Kemp, pencemaran lingkungan hidup adalah kontaminasi komponen fisik dan biologis dari sistem bumi atau atmosfer sedemikian rupa yang membuat proses lingkungan terganggu.

Sementara menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Miguel Angel Santos dari Harvard University dalam bukunya The Environmental Crisis menyebut terdapat tiga karakteristik umum dari pencemaran lingkungan yakni pencemaran tidak mengenal perbatasan. "Pencemaran itu lintas batas."

Kemudian menurut Santos mayoritas pencemaran tidak dapat dihilangkan oleh organisme hidup dan karena itu pencemaran ini akan bertahan di alam selama bertahun-tahun. "Pencemaran itu menghancurkan makhluk hidup dalam suatu daerah dan habitatnya," tulis Santos.

Pencemaran itu menghancurkan makhluk hidup dalam suatu daerah dan habitatnya Miguel Angel Santos, Harvard University

Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan Hidup

1. Pencemaran tanah
2. Pencemaran udara
3. Pencemaran air

Berikut penjabaran jenis pencemaran lingkungan hidup

A. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah merupakan kondisi dimana bahan atau zat kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.

Dampak pencemaran tanah yakni tanah yang terkontaminasi membahayakan bagi makhluk hidup, mulai dari segi kesehatan hingga lingkungan. Pencemaran tanah bisa saja menimbulkan kanker kalau tanah tercemar logam berat.

Selain itu kesuburan tanah bisa menurun karena hilangnya biota-biota atau mikroflora tanah.

Penyebab pencemaran tanah:
1. Aktivitas pertambangan yang menggunakan bahan-bahan beracun.
2. Aktivitas manusia yang menggunakan bahan yang tidak dapat didaur ulang seperti plastik dan kemudian dibuang ke tanah.
3. Penggunaan pembasmi hama dan pupuk yang terbuat dari bahan kimia dalam aktivitas pertanian secara berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2