detikcom Raih Gold Champion Indonesia WOW Brand 2020

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 15:55 WIB
HUT detikcom ke-20
Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta -

detikcom menyabet penghargaan Indonesia WOW Brand 2020. detikcom menempati urutan pertama dalam kategori Consumer Electronic, Telecommunication & Media.

Penghargaan Indonesia WOW Brand 2020 ini diberikan kepada brand-brand yang direkomendasikan oleh masyarakat berdasarkan riset MarkPlus, Inc. Jumlah koresponden dalam riset ini mencapai 34.500 di Indonesia. Pemberian penghargaan dilakukan dalam WOW Brand Festive Day pada Rabu (4/11/2020).

Berikut pemenang kategori Consumer Electronic, Telecommunication & Media:


Gold champion: detikcom
Silver champion: kompas.com
Bronze champion: sindonews.com

Founder & Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kartajaya menjelaskan bahwa ada lima aspek yang dilihat dalam riset yang dilakukan. Lima aspek tersebut, konsep 5A, mulai dari awareness, appealing, asking, act, dan advocate.

Menurut Hermawan, A pertama yaitu awareness harus diciptakan agar konsumen tahu keberadaan sebuah produk, baik online maupun offline.

"Baru setelah itu appealing, produk harus menarik bagi konsumen. Contohnya, iklan zaman sekarang tidak bisa terlalu panjang agar menarik perhatian konsumen yang waktunya semakin sedikit. Dari situ orang akan asking, mulai bertanya-bertanya sampai akhirnya act, baik itu mencoba atau langsung membeli," papar Hermawan dalam keterangannya.

"Kalau suka produknya, konsumen akan merekomendasikan kepada konsumen lain. Jadi inti dari WOW Brand adalah brand yang paling direkomendasikan," imbuhnya.

Selain WOW Brand bagi 300 brand, diberikan juga penghargaan Branding Campaign Awards 2020. Di mana parameternya adalah latar belakang, implementasi, dan pencapaian dari sebuah campaign brand yang dinilai oleh empat juri, mulai dari Jerry Justianto dari Indonesia Digital Media Consortium, Profesor Adrianto Widjaja dari Indonesia Marketing Association (IMA), Janoe Arianto sebagai Ketua P3i, dan Deputy Chairman MarkPlus, Inc Taufik.

(zak/fjp)