Projo soal Survei Indo Barometer: Prabowo Ingin Tunjukkan Loyal ke Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 14:55 WIB
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto berbincang di proyek lumbung pangan di Kalteng
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat kunjungan ke Food Estate, Kalteng. (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Relawan Pro Jokowi (Projo) mengapresiasi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang memuncaki posisi menteri berkinerja terbaik di survei Indo Barometer. Prabowo dinilai ingin membuktikan loyalitasnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) meski menjadi lawan dalam 2 kali pilpres.

"Bisa jadi Pak Prabowo ingin menunjukkan ke publik bahwa beliau mampu dan loyal kepada Presiden Jokowi, dan lebih baik dari menteri yang lain, meskipun berasal dari latar belakang oposisi dan menjadi lawan Presiden Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019," kata Sekjen Projo, Handoko, kepada wartawan, Kamis (5/11/2020).

Handoko menilai tak ada yang salah jika Prabowo merintis jalan menuju Pilpres 2024. Asalkan, kata dia, saat ini Prabowo tetap bekerja membantu Jokowi.

"Semua orang boleh merintis jalan ke 2024. Yang penting kerja-kerja hari ini adalah untuk kepentingan suksesnya pemerintahan Presiden Jokowi mewujudkan janji-janji politiknya demi kemaslahatan bangsa dan rakyat Indonesia," ujarnya.

Terkait Prabowo yang kembali menjadi menteri berkinerja terbaik versi survei, Handoko pun bicara soal loyalitas pendukung Presiden. Ia meminta para menteri loyal dan terus bekerja membantu Jokowi jika tak ingin diganti.

"Saya mengapresiasi pencapaian Pak Prabowo dalam survei Indo Baremeter ini. Para menteri memang seharusnya menunjukkan kinerja yang bagus disertai loyalitas tinggi kepada Presiden. Yang tidak bisa kerja bagus dan loyal, siap-siap aja diganti. Presiden punya kewenangan itu," tegas Handoko.

"Loyalitas pendukung harus menjadi perhatian utama Presiden. Ini penting untuk memastikan program-program Presiden tidak disabotase dan membuahkan hasil gemilang, karena pemerintahan adalah kerja bersama dan kerja sama para pendukung loyal Presiden," lanjut dia.

Sebelumnya, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 selama setahun menjabat. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi menteri yang dianggap kinerjanya paling baik.

Survei nasional ini dilaksanakan pada 10-17 Oktober 2020 dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden. Margin of error kurang-lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut ini hasil survei Indo Barometer terkait kinerja menteri:

Prabowo Subianto 29,3%
Nadiem Makarim 16,3%
Sri Mulyani Indrawati 15,2%
Erick Thohir 12,2%
Mahfud Md 8,8%

(azr/aud)