Sidak 4 November: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 22:15 WIB
Trump vs Biden
Foto: Trump vs Biden (Tim Infografis: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Pemilihan Presiden Amerika Serikat (pilpres AS) masih menjadi perbincangan hangat. Kemudian daerah kekuasaan calon Presiden Amerika hingga Trump yang ingin penghitungan suara disetop ikut menjadi berita terhangat.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'KESERUAN PILPRES AMERIKA SERIKAT! SIDAK!: 4/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 5 berita teraktual hari ini:

1. Daerah Kekuasaan Para Calon Presiden Amerika Serikat

Hasil penghitungan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat, yang memperhadapkan Donald Trump dan Joe Biden, menunjukkan persaingan sengit di sejumlah negara bagian kunci.

Donald Trump mengungguli Joe Biden di Florida, ketika hampir semua kertas suara telah dihitung.

Pertarungan juga ketat di negara bagian kunci pertarungan lainnya, seperti Georgia, Pennsylvania, Wisconsin, Michigan, Arizona, Ohio, Texas, dan North Carolina.

Sejauh ini beberapa negara bagian yang menjadi kantong kekuasaan Demokrat dan Republik telah merampungkan pemungutan suara dan belum ada kejutan berarti.

Kebanyakan negara bagian condong pada salah satu partai, sehingga fokus setiap capres biasanya tertuju pada 12 atau lebih negara bagian yang peluang kemenangannya 50-50. Negara-negara bagian ini dijuluki 'battleground states' atau negara bagian kunci pertarungan.

2. Apa yang Terjadi Bila Donald Trump Kalah dalam Pilpres Amerika Serikat?

Semua kemungkinan bisa terjadi dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat hari ini. Salah satunya adalah jika Presiden Donald Trump kalah namun tak mau mengakuinya.

Inilah beberapa skenario yang dijelaskan oleh pengamat politik AS di Australia, Dr Emma Shortis.

Bagaimana jika Trump mengundurkan diri dan menjadikan Pence sebagai presiden?
Bisa saja terjadi.

Dr Shortis mengatakan Trump bisa memenangi pilpres, kemudian mengundurkan diri dan menyerahkan jabatan presiden kepada wakilnya, Mike Pence.

"Kita telah melihat hal itu terjadi dalam sejarah AS, ketika Presiden Richard Nixon mengundurkan diri," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2