d'Rooftalk

Saat Anggota Klub Harley Berani Keroyok Prajurit TNI

detikTV - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 13:34 WIB
thumbnail drooftalk motor gede, ego gede?
Foto: 20Detik
Jakarta -

Kasus viralnya video pengeroyokan dua prajurit TNI di Bukittingi, Sumatera Barat, oleh sejumlah pengendara motor gede (moge) berjenis Harley-Davidson pada Jumat (30/10) menuai sorotan publik. Peristiwa itu terjadi usai dua anggota Intel Kodim 0304/Agam, Serda M. Yusuf dan Serda Mistari menegur pengendara moge yang tertinggal konvoi komunitas Harley-Davidson Owner Group Siliwangi Bandung Chapter (HOG SBC) di jalan Dr. Hamka, Kota Bukittinggi. Kedua anggota TNI menegur mereka karena kurang sopan ketika mendahului.

Menurut keterangan polisi, motif anggota klub Harley mengeroyok kedua prajurit TNI karena tidak diterima ditegur. Ketika dikeroyok, Serda M. Yusuf dan Serda Mistari meminta penganiayaan terhadap dirinya dihentikan dan mengakui bahwa dirinya anggota TNI. Namun, polisi menyebut salah satu pelaku malah mengancam akan menembak. Meski demikian, polisi tidak menemukan adanya senjata api dibawa oleh pelaku pengeroyokan.

Atas peristiwa itu, sudah ada lima orang anggota klub moge HOG SBC yang menjadi tersangka pengeroyokan prajurit TNI di Bukittinggi. Menanggapinya, pihak HOG SBC mengakui ada kekeliruan atas insiden pengeroyokan yang mengakibatkan dua prajurit TNI tersebut luka-luka. HOG SBC telah menyampaikan permohonan maaf dan menghormati proses hukum oleh kepolisian.

Peristiwa ini lantas membuat komunitas moge tercoreng dan menegaskan stereotip arogansi komunitas moge yang sudah berkembang di masyarakat. Komunitas Harley yang tergabung dalam Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) pun ikut bereaksi dan prihatin atas peristiwa di Bukittinggi. HDCI kemudian mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani ketua umum Komjen (Purn) Nanan Soekarna. Salah satu poinnya adalah menunda sementara kegiatan touring dan kegiatan yang melibatkan rombongan dalam skala besar.

Lantas apa yang melatari peristiwa itu terjadi? Apakah mengendarai motor dengan mesin berkapasitas besar secara berkelompok turut mempengaruhi ego pengendara? Bisakah stigma negatif dari komunitas moge dihilangkan? Dipandu Alfito Deannova, d'Rooftalk membahasnya dalam "Motor Gede, Ego Gede?" bersama humas HOG SBC Epriyanto, penggemar Harley-Davidson sekaligus salah satu pendiri HDCI Indrodjojo Kusumonegoro atau akrab disapa Indro 'Warkop', dan pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu. Saksikan perbincangannya Rabu (4/10) pukul 19:30 WIB secara livestreaming di detikcom.

(hnf/hnf)