1.116 Warga Suku Akit Masyarakat Pedalaman Siap Ikuti Pilkada Pelalawan Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 12:23 WIB
Sosialisasi KPU dengan warga Suku Akit di Pelalawan, Riau
Foto: Sosialisasi KPU dengan warga Suku Akit di Pelalawan, Riau. (Dok Istimewa).
Pekanbaru -

Komunitas masyarakat pedalaman Suku Akit di Kabupaten Pelalawan, Riau akan ikut menyalurkan hak politiknya di Pilkada. Ada 1.116 warga Proto Melayu ini yang memiliki hak suara di Pilkada Pelalawan 2020.

Masyarakat Suku Akit ini menyebar di Desa Teluk dan Desa S Upih di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Umumnya masyarakat pedalaman ini hidup sebagai nelayan dan petani tradisional.

Untuk menuju ke lokasi warga Suku Akit ini, harus ditempuh dengan jalur darat selama 8 jam dari Pekanbaru.

"Kita baru saja melakukan sosialisasi Pilkada ke komunitas Suku Akit. Dalam sosialisasi yang kita lakukan dua hari lalu (1/11) tentang tahapan pemilihan pada 9 Desember 2020 mendatang termasuk tata cara pencoblosan di TPS serta prosedur protokol kesehatan COVID-19 di TPS nanti," kata Anggota KPU Riau, Nugroho dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (4/11/2020).

Menurut Nugroho, dalam sosialisasi yang dilakukan bersama KPU Kabupaten Pelalawan, ada 30 perwakilan Suku Akit yang hadir. Jumlah tersebut dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

"Kita melihat Suku Akit cukup antusias saat dilakukan sosialisasi. Mereka menaruh harapan agar masyarakat Suku Akit untuk mencoblos di Pilkada Pelalawan nanti. Pihak KPU dalam sosialisasi tersebut, juga sekaligus menganjurkan kepada seluruh peserta untuk menggunakan masker sesuai anjuran protokol kesehatan COVID-19," jelas Nugroho.

Selanjutnya >>>

Anggota KPU Pelalawan, M Aris menambahkan, basis komunitas Suku Akit di pedalaman sengaja dijadikan prioritas sosialisasi agar semua masyarakat warga Pelalawan mendapatkan informasi yang baik tentang perhelatan Pilkada.

"Sosialisasi yang kami lakukan bersama KPU Riau berjalan lancar. Masyarakat Akit pada prinsipnya akan ikut meramaikan pada pemilihan calon pemimpin mereka di 9 Desember mendatang," ucap Aris.

Dijelaskan Aris, tercatat ada 1.116 warga Suku Akit yang memiliki hak suara dalam Pilkada Pelalawan. Dari jumlah itu, 586 pemilih laki-laki dan 530 pemilih perempuan. Total ada 8 TPS di komunitas masyarakat pedalaman di Riau ini.

"Mereka ini ada yang beragama Islam, ada Kristen, Budha, Hindu dan aliran kepercayaan," ungkap Aris.

(cha/elz)