Jokowi: Jadi Tuan Rumah Olimpiade Bukan untuk Gagah-gagahan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 10:50 WIB
Jakarta -

Indonesia saat ini tengah bersaing dalam pengajuan sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan menjadi tuan rumah Olimpiade bukan untuk gagah-gagahan.

"Perlu saya sampaikan bahwa menjadi tuan rumah Olimpiade bukan sesuatu untuk gagah-gagahan, tetapi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," ujar Jokowi dalam ratas pencalonan RI menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, yang disiarkan di YouTube Setpres, Rabu (4/11/2020).

Jokowi menuturkan pencalonan RI ini harus dijadikan sebagai momentum menata diri, sekaligus perbaikan dari berbagai sektor. Dari infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, hingga peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara.

Hal ini juga mengingat RI berhasil menjadi tuang rumah dalam ajang internasional Asian Games dan Asian Para Games pada 2018. Jokowi mengatakan, berkaca dari ajang 2 tahun lalu itu, RI percaya diri mampu menyelenggarakan event internasional.

"Oleh sebab itu, pada tahun 2018 kita secara resmi telah calonkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032. Dan, untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 kita harus bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, RRT, dan India," kata Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2