Wakil Ketua MPR Minta Kegiatan Ekonomi Dibarengi Pencegahan COVID-19

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 20:14 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengungkapkan museum memiliki kemampuan untuk membangkitkan kembali idealisme dan nasionalisme bangsa Indonesia.
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan semua pihak, upaya peningkatan kegiatan ekonomi mesti dibarengi upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang komprehensif. Menurut Lestari, dua hal itu mesti selalu berjalan beriringan agar Indonesia bisa mengatasi situasi pandemi.

"Kondisi ekonomi nasional saat ini memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi agar kita bisa lepas dari jeratan resesi. Konsekuensi dari kebijakan itu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 pun harus ditingkatkan," kata Lestari dalam keterangannya, Selasa (3/11/2020).

Wanita yang akrab disapa Rerie ini mengatakan penerapan protokol kesehatan COVID-19, mencakup kewajiban memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta selalu menjaga jarak harus diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi yang akan diakselerasi.

Rerie mengungkapkan, Pemerintah telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 akan minus sekitar 3%, setelah pada kuartal II juga minus 5,32%. Kondisi ekonomi tersebut, menurut Legislator Partai NasDem itu, memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi yang signifikan.

Ia memaparkan tren penularan dan kesembuhan pasien COVID-19 dalam sebulan terakhir menunjukkan perkembangan positif. Bila pekan lalu tingkat kesembuhannya 80,51%, ujarnya, pekan ini tercatat 82,84%.

Namun, ia mengingatkan agar upaya pencegahan COVID-19 tetap harus diterapkan jangan sampai terlena dengan tren positif yang sudah ada. Ia menegaskan ancaman virus Corona belum berakhir. Ada kemungkinan bakal muncul gelombang kedua seperti yang terjadi di beberapa negara Eropa.

(mul/mpr)