Revitalisasi JPO di Sudirman Jakarta Akan Punya Jalur Sepeda, Dibiayai KLB

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 19:26 WIB
Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melarang penggunaan skuter listrik di trotoar dan JPO. Pasalnya penggunaan skuter listrik dapat merusak JPO itu.
Ilustrasi JPO (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merevitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Hotel Le Meridien. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebut konsep JPO yang akan direvitalisasi itu tidak hanya untuk pejalan kaki.

"Baru konsep, rencananya mau direvitalisasi yang lanjutan tahap kedua. Kan tahap pertama kan di Polda, Bundaran Senayan, sama GBK. Tahap kedua revitalisasi yang di Le Meridien itu. Yang sudah goyang itu mau dibikin JPO nanti ada untuk puteran sepeda," kata Hari kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Hari menyebut pesepeda bisa aman memutar balik tanpa perlu khawatir terhadap kendaraan pribadi. "Revitalisasi ini sekalian buat sepeda nanti muter," katanya.

Revitalisasi tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana pembuatan JPO diambil dari kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) dari pihak swasta.

"Kan itu KLB. Lanjutan dari PKN (PT Permadani Khatulistiwa Nusantara). Yang di Sudirman depan Le Meridien," katanya.

Saat ini, Pemprov DKI masih merancang desain JPO tersebut, sehingga Hari belum mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan. Diperkirakan, proyek JPO akan dimulai pada Desember 2020.

"(Anggaran) belum. Masih didesain itu. Mudah-mudahan Desember selesai (desain). Desember mulai kita bangun, kan ini baru mulai perencanaan-perencanaan," kata Hari.

Sebelumnya, Jakarta telah merevitalisasi tiga JPO di Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan dana kompensasi KLB PT PKN. Tiga JPO tersebut adalah JPO Polda Metro Jaya, JPO GBK, dan JPO Bundaran Senayan.

Tiga JPO tersebut diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Februari 2020. Anies ingin JPO Instagramable bisa menghiasi Jakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2