Sebuah Mortir Ditemukan Warga di Tapanuli Utara, Tim Jibom Lakukan Disposal

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 17:28 WIB
Tim Jibom Lakukan Disposal Terhadap Mortir yang Ditemukan Warga di Tapanuli Utara
Tim Jibom Lakukan Disposal Terhadap Mortir yang Ditemukan Warga di Tapanuli Utara (Foto: Dok. Istimewa)
Tapanuli Utara -

Seorang warga menemukan mortir yang diduga peninggalan Perang Dunia II di Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut). Mortir tersebut ditemukan warga di ladang saat bercocok tanam.

"Mortir (bahan peledak) ditemukan warga bernama Syamsir Hutasoit (33 thn) di Dusun Lumban Pea, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, pada hari Minggu (1/11)," kata Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi dalam keterangannya, Selasa (3/11/2020).

Daud menyebutkan, dari keterangan Syamsir, dirinya pada saat itu sedang menuju ladang untuk bercocok tanam. Saat hendak mencangkul, dia menemukan benda aneh seperti besi panjang menyerupai ubi kayu yang diduga mortir (bahan peledak) diduga peninggalan Perang Dunia II.

Proses Tim Jibom Lakukan Disposal Mortir yang Ditemukan di Tapanuli UtaraProses Tim Jibom Lakukan Disposal Mortir yang Ditemukan Warga di Tapanuli Utara (Foto: Dok. Istimewa)

Merasa cukup aman, dia kemudian membawa pulang besi panjang yang diduga mortir tersebut dan meletakkannya di belakang rumah.

"Dia pun melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian terkait penemuan di ladang dan kemudian pihak kepolisian menghubungi Satuan Brimob Polda Sumut untuk menurunkan tim Jibom ke lokasi," sebutnya.

Mendapatkan laporan tersebut, tim Jibom terjun ke lokasi pada Selasa (3/11), guna melakukan sterilisasi dan pendisposalan.

"Tim kita sudah mengamankan lokasi serta lakukan disposal. Disposal kita lakukan pada pukul 13.00 WIB tadi, tempatnya tidak jauh dari lokasi penemuan mortir oleh warga setempat," tutupnya.

(maa/maa)