Satgas: Warga yang Pulang dari Libur Panjang Segera Tes COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 16:55 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas COVID-19 mengingatkan warga untuk segera tes COVID-19 setelah melakukan perjalanan di masa libur panjang. Tes ini bertujuan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Satgas mengingatkan kepada masyarakat yang sudah kembali dari perjalanan selama masa libur panjang untuk segera melakukan testing dalam rangka memastikan antisipasi bila terjadi atau tertular," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/11/2020).

Jika hasilnya positif, warga selanjutnya disarankan melakukan karantina di fasilitas yang sudah ditetapkan pemerintah. Wiku juga meminta warga selalu mengikuti arahan dari tenaga kesehatan.

"Ikuti anjuran dari tenaga kesehatan sehingga treatment yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan mempercepat kesembuhan sehingga angka kematian juga dapat ditekan," ujar Wiku.

Selain itu, Wiku berharap masyarakat selalu mendukung upaya pemerintah dalam melakukan testing, tracing, dan treatment. Wiku menekankan keterbukaan menjadi kunci.

"Kami juga meminta kepada masyarakat untuk betul-betuk mendukung upaya 3T: testing, tracing, dan treatment ini dengan bersifat terbuka ketika tracing dilakukan. Keterbukaan masyarakat ini merupakan kunci utama dalam melacak kontak terdekat sekaligus juga memastikan mereka memperoleh perawatan atau treatment yang lebih dini dan lebih baik," imbuh dia.

Wiku mengimbau warga tak takut ke rumah sakit. Simak halaman selanjutnya.