4 Korban Kapal Kampanye Rusli-Asgar yang Tenggelam di Balut Belum Ditemukan

Mohammad Qadri - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 12:18 WIB
Pencarian korban kapal kampanye Paslon Rusli-Asgar yang tenggelam di Banggai Laut (dok. Ismtimewa).
Pencarian korban kapal kampanye Paslon Rusli-Asgar yang tenggelam di Banggai Laut. (Foto: Istimewa)
Banggai Laut -

Empat korban kapal kampanye Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Banggai Laut (Balut) Rusli-Asgar yang tenggelam di perairan Banggai Laut, Sulawesi Tengah, belum ditemukan. Empat orang yang hilang itu terdiri atas 2 polisi dan 2 tim pemenangan.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto mengatakan pencarian 4 penumpang kapal cepat Fajar 180 PK itu dilakukan di perairan Pulau Sonit dan Pulau Kaswari, Kecamatan Bokang, Kabupaten Kepulauan Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Sejak Selasa (3/11/2020) pagi, pencarian difokuskan di sekitar perairan Pulau Sonit.

"Sementara ada 4 orang penumpang belum ditemukan, dua orang aparat kepolisian dan dua lainnya tim pemenang Paslon Pilkada Banggai Laut Rusli dan Asgar. Pencarian dilakukan secara gabungan, masing-masing terdiri dari BNPB, Polri, KPLP Banggai Laut," ucap Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Menurut Didik, kedua aparat kepolisian yang belum ditemukan merupakan personel yang ditugaskan dalam Satgas mantap praja Polres Bangkep dan pengawal pribadi (Walpri) Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (2/11), sekitar pukul 8.00 Wita di antara perairan Pulau Sonit dan Kaswari. Menurut Kantor Basarnas Palu, hingga saat ini tercatat ada 4 orang penumpang ditemukan meninggal.

"Speed boat tersebut tenggelam tepat di 3°01°47' 57.09" S 124° 5' 9.50" T Heading ,123,53° derajat (Tenggara) garis tegak lurus jarak 98,6Nm dari KN Bisma."ungkap Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes.

Andrias Hendrik menyebut bahwa kapal speed boat tersebut membawa 11 orang penumpang. Data terakhir ada 4 penumpang kapal ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Satu di antaranya adalah calon wakil bupati Asgar B Badalia.

(nvl/nvl)