Kreatif! Cawalkot Semarang Hendi Kampanye dengan Robot Cuci Tangan

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 20:43 WIB
Timses Hendi-Ita
Foto: Timses Hendi-Ita
Jakarta -

Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kembali menarik perhatian masyarakat dengan Robot Cuci Tangan yang akan ditempatkan pada beberapa spot di Kota Semarang. Hal tersebut dilakukan dalam rangka kampanye menuju Pemilihan Wali Kota Semarang yang akan digelar pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang.

Calon Wali Kota Semarang petahana yang akrab disapa Hendi itu mengatakan robot tersebut nantinya akan bekerja memanggil setiap masyarakat yang melintas, untuk mengingatkan agar mencuci tangan. Robot itu kemudian secara interaktif akan mencuci tangan, memakaikan sabun, dan mengeringkan tangan masyarakat secara otomatis.

Demo robot tersebut telah diunggah di media sosial, dan ditonton lebih dari seratus ribu warganet di berbagai platform, salah satunya di akun Instagram milik Hendi @HendrarPrihadi. Hendi mengungkapkan dalam timnya saat ini memang terdapat divisi yang secara khusus melakukan pengembangan teknologi, untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam kegiatan sosialisasi.

Tim tersebutlah yang kemudian menginisiasi adanya berbagai perangkat digital interaktif, virtual box, hologram, video mapping, hingga yang terbaru robot cuci tangan, untuk dapat membuat kemasan kampanye yang lebih menarik.

Selain itu, lanjutnya, penggunaan berbagai teknologi tersebut juga sebagai respons atas peraturan KPU yang berlaku saat ini. Peraturan KPU tersebut mengatur sejumlah pembatasan kampanye secara fisik. Oleh karena itu, Hendi berharap dengan adanya berbagai inovasi yang digunakan itu dapat memaksimalkan tim pemenangan dalam mensosialisasikan pasangan calon petahana Hendi - Ita.

Hendi menekankan melakukan kegiatan kampanye di masa pandemi merupakan sebuah tantangan yang harus dijawab oleh calon, sehingga inisiasi berbagai inovasi termasuk bagian dari kerja tim. Ia pun mengakui tidak mudah dalam mendorong lahirnya berbagai inovasi dalam waktu kampanye yang relatif singkat, tapi semangat gotong royong lah yang menjadi modal penting dalam merealisasikan berbagai ide kreatif.

"Sebagai calon yang mengikuti kontestasi di masa pandemi, kami memiliki tanggung jawab untuk menjaga seluruh tahapan dapat berlangsung aman, nyaman, dan sehat. Untuk itu dalam berbagai kesempatan, baik saya dan tim selalu mengingatkan pentingnya menjaga 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membaca doa," tegasnya.

"Dan lahirnya mesin cuci tangan otomatis ini adalah bagian dari upaya kami menjawab tantangan tersebut, di mana kami melakukan sosialisasi untuk Pilwalkot Semarang 2020, namun juga sekaligus mengingatkan masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan sesering mungkin," tekannya.

Di sisi lain, Hendi juga berharap berbagai inovasi yang diinisiasinya bersama tim pemenangan dapat merepresentasikan gagasan pembangunan Kota Semarang ke depan.

"Salah satu misi kami adalah melanjutkan pembangunan Semarang Smart City, sehingga kemudian inovasi-inovasi ini dapat menjadi gambaran apa yang akan dikerjakan ke depan, di mana tentu saja butuh dukungan besar dari masyarakat dalam merealisasikannya," pungkas Hendi.

(mul/mpr)