Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 16:56 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menulis surat
Foto: Thinkstock/Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi? Ini Penjelasan Lengkapnya
Jakarta -

Informasi tidak hanya ditulis dalam satu jenis teks saja agar tersampaikan informasi yang baik. Beberapa jenis teks dapat digunakan untuk menyampaikan informasi seperti teks deskripsi.

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X oleh Nani Darmayanti, teks deskripsi adalah teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah.

Ciri teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan-kesan, hasil pengamatan, dan perasaannya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang ditemukan pada objek tersebut.


Isi teks deskripsi bersifat subjektif atau personal karena ditulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis. Oleh sebab itu masing-masing penulis bisa saja memberikan kesan yang berbeda dalam mendeskripsikan objek yang sama.

Karangan deskripsi pada umumnya tidak berdiri sendiri sebagai karangan utuh. Paragraf deskripsi digunakan untuk menghidupkan teks atau karangan, menghindarkan kebosanan pembaca, serta menambah kejelasan dan keyakinan pembaca. Pendeskripsian akan ditemukan dalam cerpen, novel, berita, atau laporan.

Teks deskripsi dibagi menjadi 3 jenis. Berikut 3 jenis teks deskripsi seperti dilansir buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan karya Taufiqur Rahman:

1. Teks deskripsi spasial

Teks deskripsi spasial adalah teks yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.

2. Teks deskripsi objektif

Teks deskripsi objektif adalah teks yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya

3. Teks deskripsi subjektif

Teks deskripi subjektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis (tafsiran penulis.)

Struktur Teks Deskripsi:

1. Identifikasi
2. Klasifikasi
3. Deskripsi bagian

Selanjutnya
Halaman
1 2