Viral Pejabat ASN di Barru Sulsel Masuk Ruang Debat Pilbup, Ini Kata Bawaslu

Hasrul Nawir - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 11:51 WIB
Tangkapan layar video viral ASN di Barru masuk ke arena debat Pilbup Barru (dok. istimewa).
Foto: Tangkapan layar video viral ASN di Barru masuk ke arena debat Pilbup Barru (dok. istimewa).
Barru -

Seorang pejabat ASN di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni Kasubag Protokol Plt Bupati Barru Reza Syahrial viral di media sosial. Dia terekam video masuk ke arena debat pasangan calon bupati-wakil bupati Barru yang digelar di Makassar.

Video berdurasi 51 detik itu terekam di berbagai media sosial salah satunya Facebook dan menjadi sorotan netizen di Barru. Sebab, video itu dinilai telah mengganggu netralitas ASN dalam Pilbup Barru.

"Kasubag protokol mendampingi PLT bupati dan dia itu tdk ada hubungannya dgn masalah Pilkada sdh di perintahkan dgn undang2 bahwa ASN itu tidak boleh masuk ke rana politik yg kena sanksi Undang2 ASNnya jadi Bawaslu harus me laporkan atau me rekomendasikan ke komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN) #BAWASLU ," tulis akun yang memposting video tersebut di grup Facebook Pilkada Barru.

Dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Barru, M Nur Alim mengaku telah melihat video yang viral tersebut. Alim menyebut insiden Reza menerobos masuk ke area debat dengan meminjam tanda pengenal panitia telah diselesaikan saat acara debat berlangsung.

"Saat kejadian yang bersangkutan diberikan teguran keras," kata Alim saat dikonfirmasi wartawan.

Nur Alim menjelaskan kapasitas Reza hadir dalam debat tersebut dalam rangka mendampingi Plt Bupati Barru , Nasruddin AM yang turut hadir dalam debat kandidat.

"Kehadirannya di Makassar (lokasi debat kandidat) atas perintah tugas mendampingi Plt Bupati Barru, Reza masuk untuk memastikan tempat duduk Plt Bupati, itu tidak masuk dalam pelanggaran Pemilu, apalagi ada surat tugas yang ditandatangani oleh Sekda Barru," imbunya.

Diketahui, Reza menerobos masuk ke area debat Pilbup Barru yang diselenggarakan di Hotel Gammara, Makassar pada Selasa (27/10) lalu.

(nvl/nvl)