Buruh Demo Siang Ini, Jokowi Berkantor di Istana Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 11:37 WIB
Presiden Jokowi gelar sidang kabinet paripurna di Istana Bogor
Presiden Jokowi saat menggelar sidang kabinet paripurna. Foto diambil sebelum pandemi COVID-19. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, buruh juga akan melakukan konsultasi soal uji materiil dan uji formil omnibus law UU Cipta Kerja ke MK.

"Tuntutan yang akan disuarakan adalah batalkan omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut agar upah minimum tahun 2021 (UMP, UMK, UMSP, dan UMSK) tetap naik," kata Iqbal dalam keterangannya, Senin (2/11).

Iqbal mengatakan aksi demonstrasi akan dimulai pagi ini sekitar pukul 10.30 WIB. Massa mulanya akan berkumpul di patung kuda dan bergerak ke arah gedung MK.

UU Cipta Kerja diketahui disetujui DPR pada 5 Oktober 2020. Sesuai dengan aturan, UU yang disahkan DPR itu akan berlaku efektif 30 hari sejak disahkan.

Diketahui, buruh kembali menggelar unjuk rasa di sejumlah daerah, termasuk di Ibu Kota. Sederet tuntutan bakal dikemukakan dalam demonstrasi tersebut dari penolakan omnibus law UU Cipta Kerja hingga kenaikan upah minimum 2021.

Aksi buruh ini bakal digelar secara serentak di 24 provinsi. Massa buruh yang akan menggelar demonstrasi berasal dari KSPI, KSPSI, AGN, dan Gekanas.

Halaman

(dkp/tor)