Kronologi Mati Lampu Jakarta dan Sekitar hingga Nyala Kembali

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 20:00 WIB
ilustrasi mati lampu
Foto ilustrasi mati lampu: iStock
Jakarta -

PLN menjelaskan kronologi pemadaman listrik yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya. Semua ini bermula dari meledaknya alat pemutus beban 500 kV yang terletak di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Muara Tawar, Bekasi.

Sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya sempat mati lampu siang tadi. Berikut ini kronologi lengkap mati lampu Jakarta dan wilayah sekitar seperti Depok dan Bekasi.

Kronologi mati lampu Jakarta dan sekitar disampaikan PLN lewat keterangan resmi mereka dan juga konferensi pers, Minggu (1/11/2020). Semua berawal dari salah satu alat PLN yang meledak di Muara Tawar.

Berikut ini kronologi lengkap berdasarkan waktu kejadian mati lampu Jakarta dan sekitar:

- Pukul 12.58 WIB

PLN menjelaskan, pada pukul 12.58 WIB, terjadi gangguan dari alat pemutus beban atau circuit breaker 500 kV di Muara Tawar yang mengalami breakdown atau meledak.

Adanya gangguan ini berpengaruh terhadap pasokan listrik dari arah Citaram di Jawa Barat bagian Tengah ke arah sebagian wilayah di DKI Jakarta. Akhirya, PLN pun memutuskan untuk mengisolasi jalur yang alami gangguan serta melakukan pemadaman di 42 gardu induk yang tersebar di DKI Jakarta, Depok dan Bekasi.

"Kemudian, sistem mengisolasi diri jadi yang sehat tetap sehat kemudian jalur setelah Muara Tawar yang mengalami gangguan tadi maka itu melakukan isolasi diri agar semua sistem tidak padam," kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS dalam konferensi pers di PLN UP2B DKI Jakarta dan Banten, Minggu (1/11/2020).

"Sehingga yang terjadi pada saat itu adalah ada 42 gardu induk yang alami pemadaman dengan beban kurang lebih 2000 megawatt yang ada di sebagian Jakarta bagian timur dan juga daerah Bekasi," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2