ADVERTISEMENT

Marinir dan Demonstran

Ada Narasi 'Hati Nurani' di Balik Kedekatan Marinir dan Demonstran

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 08:36 WIB
Pasukan Marinir TNI AL kerap mengamankan demonstrasi di Jakarta secara efektif tanpa kekerasan. Berikut adalah catatan kemesraan pasukan baret ungu dan demonstran.
Foto: Marinir TNI AL saat mengamankan demonstran (dok detikcom)
Jakarta -

Kemampuan Marinir TNI AL saat meredam demonstran aksi UU Cipta Kerja menarik perhatian publik. Pasalnya, pengamanan ini dilakukan tanpa kekerasan. Menurut pakar sejarah TNI, hal ini karena ada narasi 'hati nurani' dalam perekrutan prajurit baret ungu itu.

"Marinir itu khas ya menurut saya. Dia sebagai satuan yang berbedalah. Matranya laut tetapi dia tugasnya di darat. Jadi pasukan pendarat amfibi. Jadi itu memang ada tugas spesialnya," kata Sejarawan Ambar Wulan Tulistyowati saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

Mantan peneliti Pusat Sejarah TNI ini menyoroti narasi 'hati nurani' dalam perekrutan prajurit Marinir TNI AL ini. Hal ini dia baca dalam buku seri 'Ensklopedia Marinir' yang pernah ia ulas.

"Yang saya ingat bahwa di dalam pembentukannya, itu ada penekanan-penakanan. Misalnya, ada kata-kata 'ketika memutuskan menjadi Marinir harus benar-benar keluar dari hati nurani'. Jadi sudah mengangkat seperti itu ketika rekrutmen dilaksanakan," ujarnya.

"Itu menjadi penekanan dari tugas khususnya Marinir sebagai pasukan amfibi pengaman pendarat," sambungnya.

Ambar menjelaskan bahwa penekanan-penekan inilah yang bisa menjadi korelasi dengan tindakan Marinir saat mengamankan demonstran.

"Ini korelasinya dengan tindakan-tindakan yang pendekatan persuasif dan manusiawi," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa tentara pada dasarnya memang mendapatkan pendidikan yang sama. Namun, ada kekhususnya di pasukan-pasukan tertentu.

"Pada intinya namanya tentara dalam payung yang sama. Di bawah payung TNI. Tapi ini kan ada kekhususan, ketika dia menjadi Marinir. Menjadi polisi militer. Dan lain-lain," ungkapnya.

Pendekatan-pendekatan persuasif Marinir TNI AL ini salah satunya pernah tampak di demonstrasi 1998. Silakan simak halaman selanjutnya.

Lantas, apa yang sebenarnya dilakukan oleh pasukan Marinir TNI AL saat itu? Simak halaman selanjutnya:

Tonton juga 'Bujukan Marinir Bubarkan Massa Aksi di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT