Polda Metro Prediksi Puncak Arus Balik Libur Panjang Terjadi Hari Ini

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 06:25 WIB
Kondisi lalu lintas d Tol Cikampek.
lustrasi kondisi lalu lintas di Cikampek (Foto: Dian Firmansyah)
Jakarta -

Libur panjang Maulid Nabi Muhammad beserta cuti bersama akan berakhir pekan ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik libur panjang terjadi hari ini.

"Prediksinya (arus balik) besok (hari ini, red)," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi wartawan, Sabtu (31/10/2020) malam.

Menurut Sambodo, hingga saat ini pihaknya belum melihat adanya kepadatan kendaraan yang pulang ke Jakarta. Dia menyebutkan kendaraan yang masuk Jakarta hingga tergolong lancar hingga Sabtu (31/10) malam.

"Kendaraan yang masuk Jakarta sampai sore ini relatif masih lancar," imbuhnya.

Sebelumnya, Sambodo juga menyebutkan pihaknya telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi arus balik di libur panjang akhir pekan ini. Skema tersebut seperti contraflow dan one way.

"Kalau bisa kita atur biasa kita lancarkan, jika tidak bisa, kurang juga, kita akan lakukan contraflow begitu masuk wilayah Polda Metro Jaya. Kalau itu pun tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," kata Sambodo di GT Cikunir 2, Bekasi, Jumat (30/10).

Selain itu, Sambodo juga mengaku telah berkoordinasi dengan pengelola tol. Dia mengatakan jika terjadi kemacetan 1 km di pintu masuk tol, maka bisa saja proses pembayaran tol ditiadakan.

"Kami juga sudah menyampaikan ke pihak pengelola jalan tol untuk menambah patroli rider, jadi misalnya jika gerbang tol antreannya cukup panjang ada petugas yang berjalan dengan membawa patroli rider sehingga antrean bisa terurai, bahkan jika antreannya mencapai 1 km kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," ungkapnya.

Tonton juga 'Lebih dari Setengah Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)