Pernyataan Lengkap Jokowi Kecam Kekerasan di Prancis-Ucapan Macron

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 15:51 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice. Selain itu, Jokowi juga menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina umat Islam karena ingin mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad.

Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan beberapa jajaran Kabinet Indonesia Maju hari ini melakukan pertemuan dengan sejumlah organisasi keagamaan. Organisasi yang bertemu dengan Jokowi hari ini adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

Ada beberapa hal yang dibahas. Utamanya soal dinamika persaudaraan antar-umat beragama.

"Khususnya, terkait dengan persaudaraan antara-umat beragama," ujar Jokowi dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Sekretariat Presiden, Sabtu (31/10/2020).

Usai pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin dan perwakilan organisasi-organisasi keagamaan itu menyampaikan pernyataannya. Jokowi mengecam tindakan kekerasan di Prancis dan Nice. Kasus kekerasan itu yakni pemenggalan seorang pria di pinggiran kota Paris dan penusukan di kota Nice.

Kemudian, Jokowi juga menyampaikan kecaman Indonesia terhadap Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina umat Islam. Jokowi menilai penyataan Macron itu bisa memecah belah persatuan antar umat beragama.

Selanjutnya
Halaman
1 2