Tinjau Pelabuhan Patimban, Menhub: Minggu Ke-3 November Siap Beroperasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 13:21 WIB
Menhub Budi Karya tinjau pembangunan pelabuhan Patimban
Menhub Budi Karya tinjau pembangunan Pelabuhan Patimban. (Foto: dok. Kemnhub)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan tahap satu pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Peninjauan dilakukan menggunakan kapal nelayan untuk mengecek persiapan pembukaan tahap awal pelabuhan yang ditargetkan selesai pada minggu ketiga bulan depan.

"Ini tinjauan terakhir sebelum nanti kami soft opening, minggu ketiga November tahap pertama harusnya sudah selesai pembangunan pertama dan operasional terbatas," kata Budi melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Budi mengatakan pelabuhan yang secara fisik akan memiliki bangunan dan kapasitas sebesar Tanjung Priok ini akan menjadi salah satu pelabuhan yang mengedepankan penggunaan teknologi dan sistem digital dalam pengoperasiannya. Nantinya, semua sistem dapat terintegrasi secara digital serta dapat diakses real time sehingga tidak terjadi penumpukan proses logistik.

Untuk tahap pertama, obyek fisik yang direncanakan siap beroperasi adalah terminal peti kemas sepanjang 150 meter, lapangan peti kemas seluas 35 hektare (ha) dengan kapasitas 250.000 TEUs (twenty-foot equivalent unit), dan terminal kendaraan 300 meter dengan kapasitas 218.000 CBU.

"Nanti akan menangani terminal kendaraan serta otomotif dan bongkar-muat peti kemas," ujarnya.

Menhub Budi Karya tinjau pembangunan pelabuhan PatimbanMenhub Budi Karya tinjau pembangunan Pelabuhan Patimban. (Foto: dok. Kemnhub)

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo menyampaikan pada tahap satu ini, uji sandar kapal sudah dilakukan pada awal minggu lalu. Agus mengatakan, saat ini tahap yang sedang berproses adalah pembuatan akses jalan agar pelabuhan dapat segera beroperasi.

"Dermaga tahap 1 sudah melakukan uji sandar kapal sejak awal minggu ini dan hasilnya sudah cukup memuaskan. Sekarang kami sedang melakukan persiapan untuk jalan akses, sehingga nanti di minggu ketiga November, Pelabuhan Patimban tahap 1 sudah siap untuk beroperasi," kata Agus.

Simak penjelasan lebih lanjut pada halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2