Marinir dan Demonstran

Jurus Hantu Laut Baret Ungu Halau Massa Rusuh Demonstrasi

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 10:17 WIB
Perwira dan Bintara Remaja Korps Marinir mengikuti gladi bersih upacara Pembaretan Prajurit Korps Marinir di Pantai Baruna Kondang Iwak, Malang, Jawa Timur.
Foto ilustrasi pasukan Korps Marinir TNI AL, berjulukan 'Hantu Laut'. (Zabur Karuru/Antara Foto)

Tidak ada jurus rahasia dalam menangani massa.

"Sama saja. Kami bersinergi dengan aparat TNI lainnya dan kepolisian. Intinya untuk memberikan ketertiban dan keamanan terhadap demonstran," kata Gugun.

Merujuk pada catatan pemberitaan detikcom, massa rusuh dalam salah satu demo yang telah lalu bahkan tidak cuma bubar begitu Marinir turun tangan. Massa sempat spontan bernyanyi bareng 'Indonesia Raya', bersalaman, dan minta foto bareng.

Gugun mengaku Marinir tidak punya jurus rahasia, kecuali penerapan standard operating procedure (SOP) pengamanan yang dijalankan dengan sungguh-sungguh. Namun, bukan berarti Marinir tidak bisa bersikap keras ke massa.

"Kalau rusuh, ya kita pun harus bertindak tegas," kata Gugun.

"Tapi sebelum melakukan tindakan tegas, kita melakukan langkah mengajak, menyelami, menghubungi, dan memengaruhi rekan-rekan semua supaya tidak berbuat yang tidak baik," tutur Gugun menyebutkan empat jurus baret ungu menghadapi massa rusuh dalam demo.

Sejumlah pasukan Marinir TNI AL mulai membubarkan massa tolak Omnibus Law di kawasan Thamrin, Jakarta.Sejumlah pasukan Marinir TNI AL mulai membubarkan massa tolak omnibus law di kawasan Thamrin, Jakarta. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Selain itu, prajurit-prajurit Marinir di lapangan sudah selalu diingatkan komandannya, yakni Mayjen TNI Suhartono, untuk senantiasa melakukan langkah persuasif. Terbukti, langkah persuasif bisa menjadikan situasi kondusif.

"Komandan Korps Marinir selalu menginstruksikan pendekatan yang humanis dan persuasif untuk menciptakan kondusivitas. Komandan bilang bahwa tugas itu adalah kehormatan, kehormatan bagi prajurit adalah suatu kepercayaan, dan kepercayaan adalah kebanggaan prajurit Korps Marinir," kata Gugun.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3