Round-Up

8 Poin Buka-bukaan Gus Nur: Kasus Hina NU Hingga Ilmu Debus

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 06:21 WIB
Wawancara Eksklusif Gus Nur
Foto: 2odetik

5. Merasa Benar soal Analogi NU-Bus, Tak Akan Jera Dipolisikan

Gus Nur tetap merasa benar dan tak mau menarik ucapannya soal analogi NU seperti bus yang disopiri orang mabuk, kondekturnya teler dan kernetnya ugaln-ugalan. Kenapa?

"Kalau orang NU kritik NU itu namanya sayang, nggak mungkinlah menjatuhkan. Benci apalagi, ndak. Karena sayang," kata Gus Nur.

Menurutnya, jika videonya dengan Refly Harun ditonton utuh dengan pikiran jernih, dia menyebut tidak ada ujaran kebencian di situ.

"Justru di situ saya menunjukkan darah ke-NU-an saya yang masih khitah, masih suci, saya ini NU yang kecewa dengan ormas yang sekarang ini. Kurang-lebihnya begitu," ujarnya.

"Jadi ini hanya persoalan sepele, internal. Dan NU itu dari dulu sudah biasa dikritik, sudah biasa dibangun, dibenahi, sudah biasa, dan saya pertanggungjawabkan itu ujaran saya dunia-akhirat, tidak saya cabut itu," sambung Gus Nur.

6. Raup Belasan hingga Puluhan Juta dengan 500 Ribu Subscribers Youtube

Gus Nur mengaku keaktifannya mengunggah video di YouTube mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah.

"Boleh dibilang gitu, penghasilan dari YouTube Rp 30 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta. Tapi kan saya nggak ikut makan (uang hasil YouTube-red) itu. Udah admin saja, kadang untuk sosialnya itu, nggak sempat itu saya ngurusin uang-uang itu," kata Gus Nur.

Gus Nur menuturkan penghasilan dari akun Munjiat Channel tak tentu. Dia pun mengaku bukan Youtuber.

"Pernah dapat Rp 30-an juta, sekali. Sekarang naik turun lah, Rp 15-20 juta, Rp 15-20 juta, Rp 11 juta. Kalau di bawah Rp 10 jarang. Tapi bukan berarti saya YouTuber, cari uang di YouTube, nggak. Saya bukan YouTuber," tutur dia.

Gus Nur menuturkan admin Munjiat Channel adalah anaknya sendiri yang bernama Munjiat. Gus Nur sendiri tak ingat betul kapan Munjiat Channel dibuat.

"Kalau Munjiat sudah 4 atau 5 tahun ya, itu admin yang tahu. (Admin Munjiat Channel-red) anak saya sendiri, Munjiat namanya," ucap Gus Nur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4