Top 5 News

Pemimpin Dunia Kecam Penusukan Prancis hingga Pengumuman CPNS 2020

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 19:21 WIB
Top 5 News 30 Oktober
Foto: detikcom
Jakarta -

Sejumlah pemimpin dunia melakukan kecaman terhadap aksi penusukan yang terjadi di Gereja Notre-Dame Basilica, Prancis yang menewaskan tiga orang. Kecaman datang berbagai negara, mulai dari Perdana Menteri Inggris, Perdana Menteri Italia, hingga Kementerian Luar Negeri Mesir.

Sementara itu, hari ini juga dilakukan pengumuman tes seleksi CPNS 2020 seiring selesainya seluruh rangkaian proses seleksi. Peserta bisa mengecek kelulusan di website sccn.bkn.go.id atau di situs instansi kementerian/lembaga yang didaftarkan.

Selain dua berita tersebut, ada berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Jumat (30/10/2020).

1. Pemimpin Dunia Kecam Penusukan di Prancis
Kecaman mengalir dari berbagai pemimpin dunia terhadap aksi penusukan di Gereja Notre-Dame Basilica, Prancis yang menewaskan tiga orang. Kecaman datang dari Perdana Menteri Inggris, Perdana Menteri Italia, hingga Kementerian Luar Negeri Mesir.

Perdana Menteri Inggris menyatakan dirinya terkejut atas serangan biadab di Notre-Dame Basilica, Perdana Menteri Italia, Guseppe Conte menyebut tindakan ini sebagai serangan pengecut, sementara Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan pihaknya berdiri bersama Prancis dalam memerangi insiden penuh kebencian ini.

Artikel selengkapnya: Tanggapan Pemimpin Dunia soal Penusukan di Prancis

2. Kisah di Balik Pemotor Bawa Jenazah
Sebuah video yang memperlihatkan pria berusia 50 tahun, Sutejo mengendarai motor dan membawa jenazah ibunya di atas bronjong viral di media sosial. Kakak Sutejo, Sri Suyamti (60) pun mengungkapkan alasan adiknya melakukan hal itu.

Menurut Sri Suyamti (60), Sutejo tidak mau merepotkan tetangga. Bila ada apa-apa pasti ditanggung sendiri. Prinsip ini diduga melatarbelakangi Sutejo yang juga bermaksud langsung memakamkan jenazah ibunya meski belum dimandikan dan dikafani.

Artikel selengkapnya: Alasan Tejo Bawa Jenazah Ibunya Naik Motor

3. Gus Nur Ngaku Terpancing Refly Harun
Tersangka kasus ujaran kebencian terhadap ormas NU, Sugi Nur Rahardja atau Gus Nur menjelaskan asal mula dirinya mengibaratkan NU seperti bus yang disopiri orang mabuk, dengan kondektur teler, dan kernet ugal-ugalan di akun Youtube miliknya. Pernyataan ini kemudian dianggap menghina Nahdlatul Ulama.

Dikonfirmasi soal pernyataannya tersebut, Gus Nur mengaku pendapat soal kondisi NU saat ini yang disampaikannya awalnya tidak direncanakan, namun kalimat tersebut akhirnya diucapkan pada tayangan di akun YouTube MUNJIAT Channel karena terpancing Refly Harun, orang yang juga berbicara pada tayangan di video tersebut.

Artikel Selengkapnya: Gus Nur Jelaskan 'Pancingan' Ujaran Hina NU

4. Tol Cipali Ramai Lancar di Hari Ketiga Libur Panjang
Memasuki hari ketiga libur panjang, Tol Cikopo Palimanan (Cipali) pada Km 102 tampak ramai lancar pada pukul 11.00 WIB siang ini.

Tidak terlihat adanya kepadatan kendaraan yang menuju Tol Cikampek, begitupun arah sebaliknya. Lalu lintas terpantau dalam situasi ramai lancar.

Artikel selengkapnya: Kondisi Tol Cipali Saat Libur Panjang Hari Ketiga

5. Kelulusan Seleksi CPNS Diumumkan
Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan pengumuman calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang prosesnya dilaksanakan sejak 2019 diumumkan hari ini melalui masing-masing instansi. Hal ini seiring dengan telah diselesaikannya seluruh rangkaian proses seleksi.

Peserta tes CPNS bisa mengecek hasilnya di situs sccn.bkn.go.id dengan cara login ke akun SCCN 2019 menggunakan NIK dan password, setelah login akan muncul pengumuman lulus atau tidak. Selain itu peserta juga bisa mengecek situs masing-masing instansi kementerian atau lembaga yang didaftarkan.

Artikel Selengkapnya: Link Pengumunan CPNS 2020

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)