Wawancara Eksklusif

Cerita Gus Nur di Bareskrim: Hasil Swab Negatif hingga Diperlakukan Baik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 19:04 WIB
Wawancara Eksklusif Gus Nur
Wawancara eksklusif Gus Nur (20detik)
Jakarta -

Sugi Nur Rahardja atau yang terkenal dengan sebutan Gus Nur mendekam di tahanan Bareskrim Polri karena menjadi tersangka kasus ujaran kebencian terhadap ormas Nahdlatul Ulama (NU). Dia mengaku diperlakukan baik oleh polisi, juga tahanan lainnya.

detikcom mewawancarai Gus Nur di di Bareskrim, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020). Gus Nur, yang mengenakan rompi tahanan warna oranye dan peci warna putih, tampak sehat dan melempar senyum ketika maskernya dia buka.

"Alhamdulillah baik, sehat," kata Gus Nur mengawali perbincangan.

Senyum Gus Nur mengembang bersamaan ketika penyidik memberitahukan hasil swab test COVID-19-nya negatif. Saat tiba di Bareskrim untuk diperiksa terkait kasus yang menjeratnya, pihak Bareskrim memang melakukan swab test.

Saat itu Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi mengatakan swab test dan pemeriksaan kesehatan merupakan standard operating procedure (SOP). Bareskrim mewajibkan tersangka yang akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri diperiksa kesehatannya.

"Saya sekarang di sel, saya dengar-dengar sembilan meter dari permukaan tanah itu tempat saya sekarang di sel. Tapi saya di sana baik, dimuliakan sama napi yang di sana. (Diperlakukan baik, red) oleh polisi, oleh napi," ucap Gus Nur.

Gus Nur menjalankan salat bersama penyidik di Bareskrim PolriGus Nur menjalankan salat bersama penyidik di Bareskrim Polri. (Istimewa)

Gus Nur mengatakan dirinya banyak mendengar cerita soal kehidupan tahanan di balik jeruji besi. Namun selama ditahan di Bareskrim untuk menjalani pemeriksaan, dia mengaku diperlakukan baik.

"Sampai detik ini saya nggak keluar biaya," ucap Gus Nur.

Gus Nur menuturkan dirinya berteman dengan tahanan dari berbagai kasus di tahanan. Para tahanan lain, sebut Gus Nur, juga memperlakukannya dengan baik.

"Padahal di situ ada (tahanan, red) narkoba, ada illegal logging, macam-macam. Semua menyambut saya seperti pahlawan," ucap Gus Nur.

Simak video 'Gus Nur: Saya Terpancing Pertanyaan Refly Harun':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2