Jubir PA 212 Galang Demo di Kedubes Prancis Senin: Aspirasi Kita Tanpa Rusuh

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 17:51 WIB
Haikal Hassan (Zunita/detikcom)
Haikal Hassan (Zunita/detikcom)

"Insyaallah kita semua akan turun dan protes. Sekali lagi kita buat juga surat stempel agar pemerintah kita pun memberikan nota protes kepada Pemerintah Prancis, sehingga ini menjadi pelajaran penting bagi mereka dan tidak terjadi lagi penistaan terhadap agama Islam, kepada agama apa pun, kepada tokoh agama apa pun sebenarnya tidak boleh ternista," tambah Haikal.

Sebelumnya diberitakan, polisi telah melakukan penjaga lebih ketat di kantor Kedubes Prancis menyusul rencana demo. Kapolres Jakpus Kombes Heru Novianto mengatakan Kedubes Prancis akan terus dijaga mulai hari ini hingga Senin (2/11) nanti.

"Ya (penjagaan) hari ini sampai tanggal 2 (November)," kata Heru saat ditemui di depan kantor Kedubes Prancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (30/10).

Kapolres Jakpus Kombes, Heru Novianto (Farih-detikcom)Kapolres Jakpus Kombes, Heru Novianto (Farih/detikcom)

Terlihat sejumlah polisi telah berjaga di lokasi. Selain itu, kawat berduri hingga barier beton dipasang.

Heru menjelaskan pemberitahuan akan adanya demo di depan Kedubes Prancis telah diterima Polda Metro Jaya. Demo akan digelar bukan hari ini, melainkan pada 2 November 2020.

"Jadi pemberitahuan ke Polda Metro aksi itu akan dilaksanakan tanggal 2, oleh karena itu kita mengimbau mereka untuk aksi melaksanakan tanggal 2," kata Heru.

Sempat terlihat sejumlah orang yang datang ke Kedubes Prancis hari ini pun diminta pulang. Heru mengatakan pihaknya akan menindak demonstrasi yang digelar tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada polisi.

"Setelah kami tanya beberapa orang itu, dia mendapat selebaran dari medsos. Medsos itu siapa, saya tanya juga dia nggak ngerti. Kami arahkan untuk... karena pemberitahuannya tanggal 2 berarti aksi dilaksanakan tanggal 2," ujar Heru.


(jbr/imk)