Melihat Badik Ratusan Tahun yang Dipamerkan di Maros Sulsel

Moehammad Bakrie - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:52 WIB
Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel.
Foto: Bakrie-detikcom
Maros -

Ratusan bilah badik pusaka dari berbagai jenis dipamerkan dalam ajang pameran bilah pusaka dan konservasi di Kabupaten Maris, Sulawesi Selatan. Badik dan keris yang telah berumur ratusan tahun itu merupakan koleksi dari berbagai komunitas, mulai dari jenis badik Taeng, Luwu, Gecong, Raja, Cindakko, Dedde Baru dan Sele dikumpul jadi satu.

Pameran ini digelar di objek wisata Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (30/10/2020). Ratusan badik yang dipamerkan itu berasal dari berbagai komunitas.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan budaya ini, ikut mengusung isu konservasi alam sebagai upaya menyatukan unsur budaya dengan lingkungan hidup sebagai satu kesatuan.

"Budaya dan alam menurut kami satu kesatuan dan menjadi satu identitas. Olehnya kegiatan tahun ini kami sengaja mengusung isu konservasi di dalamnya," kata ketua Lembaga Badik Celebes Maros, Muhammad Hatta kepada wartawan.

Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel.Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel. Foto: Bakrie-detikcom

Selain pameran pusaka, kegiatan yang digelar selama empat hari ini, juga menghadirkan berbagai kegiatan budaya lainnya, mulai dari kirab budaya, pentas seni hingga seminar kebudayaan dan arkeologi.

"Kegiatannya cukup banyak. Hari ini kita juga ada ritual pencucian badik massal yang diikuti oleh semua komunitas budaya dan pentas musik jaman dulu," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2