Melihat Badik Ratusan Tahun yang Dipamerkan di Maros Sulsel

Moehammad Bakrie - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 15:52 WIB
Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel.
Foto: Bakrie-detikcom

Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, Badik memang menjadi sebuah warisan dan identitas budaya yang memiliki sejarah panjang. Bahkan, jauh sebelumnya di jaman pra sejarah telah ditemukan berbagai jenis senjata yang terbuat dari batu.

"Kita juga mau memperkenalkan kalau memang kita, khususnya di Maros ini punya sejarah yang panjang. Kita ada namanya Maros Poin, itu anak panah jaman purba yang umurnya puluhan ribu tahun," sebutnya.

Bukan hanya sekadar senjata tajam, Badik bagi sebagian warga suku Bugis Makassar dimaknai sebagai pelengkap dan bahkan azimat yang harus dimiliki oleh seorang pria dewasa. Pasalnya, setiap jenis badik memiliki kegunaan tersendiri.

"Ada badik memang cocok untuk untuk bisnis. Ada juga untuk keselamatan. Yah tiap badik memang dibuat khusus. Jadi bukan hanya senjata, tapi bagi kita filosofinya sangat tinggilah," terangnya.

Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel.Pameran badik ratusan tahun di Maros, Sulsel. Foto: Bakrie-detikcom

Sayangnya, kegiatan yang juga dihadiri oleh berbagai komunitas dari luar daerah itu, kurang mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah setempat. Meski kegiatan ini sudah tiap tahun dilaksanakan dan telah diagendakan jauh hari.

"Kami mempersiapkannya sudah 5 bulan. Justru kegiatan kami ini didukung oleh Pemerintah Provinsi. Harapannya kedepan Pemerintah daerah bisa lebih mendukung kamilah," pungkasnya.

Halaman

(nvl/nvl)